Problems of Independent Curriculum Planning in the Kelapa Lima State Kindergarten Kupang
Abstract
Hadirnya kurikulum merdeka sebagai bagian dari pembelajaran paradigma baru, dimana kurikulum Merdeka Belajar ialah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi tahapan dan problematika yang dialami dalam pembuatan perencanaan kurikulum merdeka di TK Negeri Kelapa Lima Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat problematika yang dialami guru saat menyiapkan perencanaan kurikulum merdeka yaitu keterbatasan guru dalam menganalisis alur tujuan pembelajaran, keterbatasan guru dalam menyiapkan pembelajaran yang kreatif dan berdiferensiasi, serta keterbatasan guru dalam mengembangkan modul ajar projek profil pancasila. Diskusi dan kolaborasi antara kepala sekolah, guru dan orang tua menjadi solusi yang diberikan guru dalam mengatasi keterbatasan yang ada dalam proses perencanaan kurikulum merdeka.
Kata Kunci: Problematika; Perencanaan; Kurikulum Merdeka.
Downloads
References
Aini, Q., & Adiyono. (2023). Implementation of an Independent Curriculum in Supporting Students’ Freedom to Create and Learn. Jornal of Scientific Research, Education, and Technology, 2(3), 999–1008. https://doi.org/https://doi.org/10.58526/jsret.v2i3.187
Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Ashfarina, I. N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan …, 4, 1355–1364. http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/442
BSKAP, K. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. Kemendibudristek, 1–16. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/Tahapan-Implementasi-Kurikulum-Merdeka.pdf
Eko, R. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. Research Gate, April(January), 1–16.
Hasanah, L., Tuffahaty, N., Nada, R. F., Puspa, R. D., & Nurul, S. (2022). Orientasi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Di Taman Kanak- Kanak. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol.6 No.02, 6(02), 576–584. https://doi.org/ 10.29408/goldenage.v6i02.6893%0AOrientasi
Hidayatullah, R., & Muhardini, S. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia Dengan Tema" Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Aula Handayani IKIP Mataram, 288–292.
Jayawardana, H., Irma Noviyanti, A., Eko Hidayanto, N., & Sugiarti Dwi Gita, R. (n.d.). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA FASE FONDASI. JECIE, 6, 8–15.
Kemendikbud. (2022). Buku Saku: Kurikulum Merdeka.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Marfuah, I., Mentari, E., & Oktavia, P. (2023). Problematika Guru PAUD dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Tarbiyah Journal : Journal of Teaching and Educational Sciences, 1((02)), 601–610.
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Nisak, K., Siiti, S. N., Faisal A. I., V., Hidayati w., S., & Munawaroh, H. (2022). PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI TK PERTIWI WONOROTOTAHUN 2022. Jurnal AL FITRAH: Jurnal Pendidikan Anak UsiaDini, 2(1), 2023| 56ISSN No. 2829-064XJurnal Al-Fitrah : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2829), 40–46.
Palahudin, P., Hadiana, M. E., & Basri, H. (2020). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i1.9776
Prabowo, D. A., Fathoni, M. Y., Toyib, R., & Sunardi, D. (2021). Sosialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar dan Pengisian Konten Pembelajaran pada SMKN 3 Seluma Untuk Mendukung Program SMK-PK Tahun 2021. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(2), 55–60. https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jpmtt/article/view/410
Wanti, L., & Chastanti, I. (2023). INDEPENDENT CURRICULUM ASSESSMENT : IMPLEMENTATION AND OBSTACLES IN ARTS AND CULTURE SUBJECTS AT SMAIT AL MUMTAZ PONTIANAK. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 12(4), 815–822. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/bino.v5i2.15493
Wanti, L., & Chastanti, I. (2023). Analysis of preparation in the independent curriculum implementation : Case study on IPAS learning A . Introduction. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(2), 250–258.
Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Dini Prastanti, N. P. (2023). Implementasi Metode Star Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Mengembangkan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 696. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i6.15621