Implementation of STEAM Learning (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) At Barunawati Kindergarten, Kupang

  • Angelikus Nama Koten(1*)
    PGPAUD
  • Marselino K. P Keraf(2)
    PGPAUD
  • Wihelmina Lidia Nona(3)
    PGPAUD
  • Engelbertus Nggalu Bali(4)
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Implementasi, STEAM

Abstract

Implementasi pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics) sangat penting bagi anak usia dini karena dapat mendorong anak untuk berpikir kreatif, meningkatkan kreativitas, serta anak mampu mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di sekitarnya dan menemukan solusinya. Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana gambaran implementasi pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics) di TK Barunawati Kupang, dengan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran implementasi pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics) di TK Barunawati Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan subjek yang diteliti yakni 1 kepala sekolah dan 2 orang guru di TK Barunawati Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah koleksi data/pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengimplementasikan pembelajaran STEAM di TK Barunawati Kupang dilakukan melalui tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajeng Almira Salsabila, C. H. (2020). Kegiatan Pembelajaran Sebagai Upaya Dalam Mensimulus Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44.

Farhati, Inti. 2020. Ide Perencanaan Pembelajaran berbasis STEAM. Jakarta: Bastari

Jaya. I.M.L.M. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif: Teori Penerapan, Dan Riset Nyata.

Peraturan Menteri. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Siantajani, Y. (2020). Loose Parts. Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. PT Sarang Seratus Aksara

Z. Imamah and M. Muqowim, “Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part,” Yinyang J. Stud. Islam Gend. dan Anak, vol. 15, no. 2, pp. 263–278, Dec. 2020, doi: 10.24090/yinyang.v15i2.3917.

PlumX Metrics

Published
2023-11-30
How to Cite
Koten, A., Keraf, M., Nona, W., & Bali, E. (2023). Implementation of STEAM Learning (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) At Barunawati Kindergarten, Kupang. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 4(2), 10-21. https://doi.org/10.35508/eceds.v4i2.14278
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.