Implementation of STEAM Learning (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) At Barunawati Kindergarten, Kupang
Abstract
Implementasi pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics) sangat penting bagi anak usia dini karena dapat mendorong anak untuk berpikir kreatif, meningkatkan kreativitas, serta anak mampu mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di sekitarnya dan menemukan solusinya. Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana gambaran implementasi pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics) di TK Barunawati Kupang, dengan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran implementasi pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics) di TK Barunawati Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan subjek yang diteliti yakni 1 kepala sekolah dan 2 orang guru di TK Barunawati Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah koleksi data/pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengimplementasikan pembelajaran STEAM di TK Barunawati Kupang dilakukan melalui tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Downloads
References
Ajeng Almira Salsabila, C. H. (2020). Kegiatan Pembelajaran Sebagai Upaya Dalam Mensimulus Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44.
Farhati, Inti. 2020. Ide Perencanaan Pembelajaran berbasis STEAM. Jakarta: Bastari
Jaya. I.M.L.M. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif: Teori Penerapan, Dan Riset Nyata.
Peraturan Menteri. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Siantajani, Y. (2020). Loose Parts. Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. PT Sarang Seratus Aksara
Z. Imamah and M. Muqowim, “Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part,” Yinyang J. Stud. Islam Gend. dan Anak, vol. 15, no. 2, pp. 263–278, Dec. 2020, doi: 10.24090/yinyang.v15i2.3917.