Peran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menunjang Perkembangan Kognitif Dan Sosial Anak

  • Widi Astuti(1)
    Universitas Bani Saleh
  • Lili Triani(2*)
    Universitas Bani Saleh
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Peran Pendidik, Anak Usia Dini, Perkembangan Kognitif dan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran PAUD dalam mendukung perkembangan kognitif dan sosial anak usia dini. Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya pendidikan pada masa usia emas, studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui observasi, wawancara, dan kuesioner kepada guru dan orang tua di berbagai lembaga PAUD. Data dianalisis dengan regresi linier berganda untuk melihat pengaruh berbagai variabel, seperti latar belakang sosial-ekonomi, interaksi anak-guru, dan keterlibatan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAUD berperan signifikan dalam perkembangan kognitif dan sosial anak, terutama melalui kualitas interaksi dengan guru dan pembelajaran berbasis permainan. Keterlibatan orang tua juga memperkuat perkembangan sosial. Temuan ini memperkuat pentingnya PAUD sebagai fondasi dalam pembentukan keterampilan kognitif dan sosial anak, dan memberikan implikasi bagi peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini: teori dan metode pengembangan. Edu Publisher.

Alfaregi, I. S., Hartati, S., & Akbar, Z. (2024). Keterampilan Sosial Keterampilan Sosial Sebagai Mediator Keterlibatan Kognitif Anak Usia Dini. In SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini (Vol. 1, pp. 118-135).

Creswell, J.W. 2014. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran bahasa pada anak usia dini Melalui cerita bergambar. Elementary:

Depdiknas. (2013). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan PAUD.

Dewi, N. R. (2024, July). Peran Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Menumbuhkan Literasi pada Anak Usia Dini. In SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini (Vol. 1, pp. 198-206).

Fuadia, N. N. (2022). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31-47.

Hijriati, H. (2017). Tahapan perkembangan kognitif pada masa early childhood. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33-49.

Husain, A., Irmawati, I., & Paus, M. (2020). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Tugas-Tugas Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), 1-21.

Khadijah, K., Mardiana, S., Syahputri, N., & Anita, N. (2022). Analisa deteksi dini dan stimulasi perkembangan anak usia prasekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 139-146.

Kusuma, T. C., Boeriswati, E., & Supena, A. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 413-420.

Lie, A., Tamah, S. M., Gozali, I., & Triwidayati, K. R. (2020). Mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. PT Kanisius.

Nadia, D. O., & Suhaili, N. (2023). Peran Interaksi Sosial Dalam Perkembangan Emosional Anak Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2727-2738.

Nopiyanti, H. R., & Husin, A. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak pada Kelompok Bermain. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1-8.

Putra, R. (2023). Pola pengasuhan orang tua dan peran guru dalam pendidikan awal anak. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-15. Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 190-203.

Rahmadani, P. (2023). Peningkatan pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini melalui media balok angka di Raudhatul Athfal Arafah Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).

Rohyana, H. (2024). Perkembangan Peserta Didik. Cahya Ghani Recovery.

Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman nilai-nilai toleransi pada anak usia dini. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248-256.

Sembiring, F. M. (2023). Peran Pembelajaran Kooperatif Terhadap Prestasi Akademik dan Pengembangan Keterampilan Sosial. EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 1(1), 36-40.

Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas alat peraga edukatif (APE) balok dalam mengembangkan kognitif anak usia dini. Alim, 2(1), 1-30.

Sriyanto, A., & Sutrisno, S. (2022). Perkembangan dan ciri-ciri perkembangan pada anak usia dini. Journal Fascho: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 26-33.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA

Wijaya, E., & Nuraini, F. (2024). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. TIFLUN: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 1(1), 9-13.

Yuliani, E. (2018). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 89-103.

Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Kencana.

PlumX Metrics

Published
2024-12-31
How to Cite
Astuti, W., & Triani, L. (2024). Peran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menunjang Perkembangan Kognitif Dan Sosial Anak. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 5(2), 36-47. https://doi.org/10.35508/eceds.v5i2.18733
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.