Peran Orang Tua Dalam Penggelolan Emosi Anak Usia Dini Di Kelurahan Fatululi Kupang

  • Yasinta Mutiara(1)
    PGPAUD, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Vanida Mundiarti(2)
    PGPAUD, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Sartika Kale(3)
    PGPAUD, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Gokma Tampubolon(4)
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Peran Orang Tua, Pengelolaan Emosi, Anak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam penggelolan emosi anak usia dini di Kelurahan Fatululi   Kupang RT40/ RW 12. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peran orang tua dalam penggelolaan emosi anak usia dini di Kelurahan Fatululi Kupang RT 40/ RW 12 adalah melatih anak belajar disiplin,membiasakan anak berprilaku sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama, dan ada kontrol orang tua untuk mengembangkan kecerdasan emosional. Dampak peran orang tua dalam penggelolaan emosi anak di Kelurahan Fatululi Kupang RT 40/ RW 12 adalah peranorang tua terealisasi dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak, karena orang tua memahami pikiran dan perasaan anak,orang tua mampu berperan sebagai pendidik utama, dan terjalin kerja sama yang baik antara orang tua dan anak. Orang tua harusbelajar membuka diri dengan cara menghargai keterbukaan dan membina kepercayaan dalam suatu hubungan serta mengetahuisituasi yang aman untuk membicarakan tentang perasaan diri sendiri. Orang tua harus belajar mengembangkan pemahaman dengancara mengidentifikasi pola-pola kehidupan emosional dan reaksireaksinya, serta mengenali pola-pola serupa pada orang lain. Orangtua harus belajar menerima kelebihan dan kekurangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badiah, Z, dkk. Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual (ESQ) Anak dalam Perspektif Islam.

Fadhilatul Khairan Rusli, N., Psikologi, P., & Psikologi, F. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. 1(1), 89.

Karisma, W. T., Dh, D. P., & Karmila, M. (2020). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. 9(1), 94–102.

Meriyati, M. (2018). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(1), 29–34.

Rahman, A.,dkk. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 98–107.

Sholichah, A. S. (2018). Teori-teori Pendidikan dalam AL-QUR’AN. Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 23.

A. Halim, A. Qotuz, dan Z. ’ Fitriana. Peran Orang Tua Dalam Membagi Waktu Belajar Anak Usia 0-5 Tahun Pada Masa Penggunaan Gadget Di Desa Liprak Kidul. Humaniora dan Seni (JISHS), vol. 01, no. 3, hlm. 529–536.

Karisma, Winda Tri, dkk. (2020). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian dalam Bidang Anak Usia Dini, Vol. 9, No. 1.

Fitriyani, Listiya. 2015. Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Lentera, Vol. 17, No. 1.

Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61–71.

Firdausi, R., & Ulfa, N. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Bululawang. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(2), 133–145

Sahara, Anis, dkk. 2023. Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal An-Nur, Vol. 9, No. 1.

Suci, E. S. W. & Hazizah, N. 2019. Cara Menghadapi Emosi Anak ADHD bagi Orang Tua dan Pendidik. INA-Rxiv Papers

Strauss,A & Corbin. 2007. Dasar dasar penelitian kualitatif. Yogyakarta: Tiara Wacan

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Alfabeta

PlumX Metrics

Published
2024-12-31
How to Cite
Mutiara, Y., Mundiarti, V., Kale, S., & Tampubolon, G. (2024). Peran Orang Tua Dalam Penggelolan Emosi Anak Usia Dini Di Kelurahan Fatululi Kupang. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 5(2), 31-35. https://doi.org/10.35508/eceds.v5i2.19209
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.