Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Tk Dharma Wanita Sawang Aceh Selatan
Abstract
Pengenalan huruf hijaiyah merupakan kunci dasar mampu membaca Al-Qur’an dan Hadis. Dalam pengenalan huruf hijaiyah diperlukan satu metode yang memudahkan anak salah satunya yaitu metode bernyanyi. Hasil observasi yang peneliti lakukan di TK Dharma Wanita Sawang yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2023, menunjukkan bahwa masih banyak anak yang kurang mengenal huruf hijaiyah, anak-anak masih terbalik-balik membaca huruf hijaiyah. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam pengenalan huruf hijaiyah di TK Dharma Wanita Sawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan adalah non probability sampling, sampel yang terpilih adalah anak kelas B1 yaitu 23 orang anak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi. Hasil pretest yaitu 7,2 dan hasil post-test yaitu 21,7. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Jadi nilai signifikansi < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa bahwa penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah di TK Dharma Wanita Sawang Aceh Selatan.
Downloads
References
Anita, Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal al-Shifa, Vol. 06, no. 02,. 161–180, 2015.
Leli Fertiliana Dea, dkk, Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Menggunakan Media Kartu Gambar, MURHUM : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1, No. 1, Juli 2020, hal. 53-64.
Ahmad Qomaruddin, Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradat, Jurnal Tawadhu Vol. 1 No. 2, 2017, hal. 272-290.
Hanum, A. N. Pengaruh Bernyanyi terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di TK Anggrek Saribumi Wates Pringsewu Lampung Tahun Ajaran 2015/2016 (Skripsi). (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016), hal. 2071–2079
Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivirate Dengan Program SPSS (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011), hal.160
Imroatun, Pembelajaran Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia Dini, Proceedings Of The 2nd Annual Conference On Islamic Early Childhood Education, Volume 2, August 2017, hal. 175-188.
Muliawan, J. U., 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Cetakan I (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017), hal. 34.
Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:Rineka Cipta.
Ursal Aziz & Zulkipli Nasution, (2020), Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Alquran, Medan: Pusdikra MJ.
Yunita dan Watini, (2022),Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini Melalui TV Sekolah, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol.5, No.7 tahun 2022, 45.
Zulkipli Nasution, (2020), Metode Pembelajaran Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah, Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, Vol.3, No. 1 Januari– Juni