Pengaruh Permainan Pesan Berantai Dalam Membina Karakter Komunikatif Di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh pada kelompok A-2 menunjukkan bahwa kemampuan karakter komunikatif berada pada kategori belum berkembang, hal ini tergambar dari kurangnya perhatian anak-anak terhadap guru saat menjelaskan pelajaran, kecenderungan untuk bermain sendiri, serta perilaku mengganggu teman sekelas, serta terdapat keengganan dalam berinteraksi dengan teman sebaya, dengan hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berkomunikatif anak-anak perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan pesan berantai dalam membina karakter komunikatif di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen, dengan jenis penelitian pre-eksperimental design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pretes sebelum diberikan perlakukan memperoleh nilai skor rata-rata 2,44 dengan jumlah rata-rata persentasenya sebesar 61%, dan postest memperoleh nilai rata-rata 3,78 dengan jumlah rata-rata persentasenya sebesar 61%. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan uji-t di peroleh nilai thitung dan ttabel yang telah dilakukan diperoleh nilai 3.509 > 1.833 dengan demikian terjadi Ho ditolak sedangkan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara perolehan nilai (pretest) atau sebelum treatment dan sesudah treatment (posttest). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa permainan pesan berantai berpengaruh dalam membina karakter komunikatif anak di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh.
Downloads
References
Ariantiningsih, Siti. dkk. 2023. Pengaruh Permainan Pesan Berantai Terhadap Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia 4-5 Tahun TK Islam Sultan Agung 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Indonesia. 4 (8)
Febriani, Fricilia. dkk. 2019. Pengembangan Permainan Pesan Berantai Untuk Konsentrasi Anak di Kelompok A Kartika II-1 Palembang. Jurnal Tumbuh Kembang. 6 (1)
Fitriani, Bahrun dan Rosmiati. 2021. Upaya Guru Meningkatkan Nilai Karakter Komunikatif Padana Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. 6 (2)
Gusti, Girang Permata dan Hilda. 2023. Metode Penelitian Eksperimen Untuk Pemula: Edisi Pertama. (Jawa Tengah: Wawasan Ilmu)
Habibi, MA. Muazar. 2018. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Deepublish)
Hastuti, Eko Widhi dan Lydia Ersta. 2018. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Pesan Berantai. Jurnal AUDI. II (2)
Hikmatuzzohrah, Shofia, dkk. 2022. Penerapan Permainan Pesan Berantai Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Kelompok B di RA Hidayatul Ikhsan NW Tebaban. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. V (7). N (3)
Huliyah, Muhiyatul. 2021. Strategi Pengembangan Moral dan Karakter Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Jejak Pustaka)
Kurnia dan Edwar, Pengaruh Negatif di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Remaja ( Perspektif Pendidkan Islam), Jurnal Kordinat, Vol. 2, No. 1, 2021
Lisa, Sujana dan Suadnyana. 2018. Hubungan Anatar Sikap Komunikatif Sebagai Bagian Dari Pengembangan Karakter Dengan Kompetensi Inti Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu. 23 (2)
Mulyati. 2012. Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Permainan Pesan Berantai di TK Taufiq Perguruan Islam Bayur. Jurnal Pesona Paud V (1). N (3)
Musfiroh dan Tatminingsih. 2015. Bermain dan Permainan Anak. (Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka)
Novianti, Lutfiana Arriza. dkk. 2023. Meningkatkan Partisipasi Belajar Peserta Didik Melalui Metode Permainan Pesan Berantai Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas X-4 SMAN 1 Ponorogo. Jurnal Tinta. 5 (2)
Nurhidayah, Siti dan Febriyanti Utami 2023. Stimulasi Karakter Komunikatif dan Rasa Ingin Tahu Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. V (7). No (1)
Putri, Azlin Atika Putri, dkk. 2022. Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol, 5. N0, 2
Putri, Mutiara Ernanda dan Nurmaniah. 2021. Pengaruh Bermain Pesan Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Salsabila Kecamatan Medan Marelan, Jurnal Bunga Rampai Usia Emas. 7 (1)
Retyuningsih, dkk. 2023. Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal On Teacher Education. V. 4, No. 3
Sukatin dan M. Shoffa Saifillah Al-Faruq. 2021. Pendidikan Karakter. (Yogyakarta: CV Budi Utama)
Umam, Nasrul dan Utami Budiyati. 2020. Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini Berbasis Nilai-Nilai Karakter. Jurnal Warna. 4 (1)
Waruwu, Marinu. 2023. Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai. V (7). N (1)
Widyanti, dkk. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Pesan Berantai Pada Anak Usia Dini di TK Rian Kumarajaya. Jurnal Ceria. 2 (3)
Widyanti, Hilda, dkk. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Pesan Berantai Pada Anak Usia Dini di TK Rian Kumarajaya. Jurnal Ceria. 2 (3)