Competence Profile Of Package C Tutors At 7 Non-Formal Education Units Sanggar Learning Activities (SPNF-SKB) - NTT

  • Samrit Neonufa PLS UNDANA
  • Abdul syukur Universitas Nusa Cendana
  • Frans Selly Universitas Nusa Cendana
Keywords: Kompetensi, Tutor paket C, SKB-PNF

Abstract

Tujuan penelitain ini adalah untuk mengetahui profil kompetensi tutor paket C. Secara khusus tujuan kajian ini untuk mendapatkan data dan informasi tentang: (1) Tingkat kualifikasi Pendidikan Tutor Program Paket C pada saat ini dan (2) Profil kompetensi pedagogik dan andragogik tutor pendidikan kesetaraan pada saat ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 41 orang. Hasil penelitian menunjukan (1). Persentase tertinggi kualifikasi tutor adalah kualifikasi S1 (92.7%). Kualifikasi tersebut umumnya adalah dari program S1 Pendidikan. Urutan kedua adalah kualifikasi SMA (4.9%), dan kualifikasi S2 (2.4%) Hal in menunjukkan sebagian besar tutor kualifikasinya sudah qualified dan hanya keahlian mengajarnya yang masih mismatch.  (2). Profil kompetensi pedagogik dan andragogik tutor paket C rata-rata masih  53,9%. Kompetensi tutor diketahui berdasarkan pemahaman dan persepsi tutor terhadap setiap instrument penelitian. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar tutor kualifikasinya sudah qualified akan tetapi keahlian mengajarnya masih miss-match dan profil kompetensi pedagogik, andragogik tutor paket C berada pada posisi baik (53.9%)

Kata Kunci: Kompetensi, tutor paket C, PNF-SKB

References

BSNP. (20018). Draf Standar Tutor Pendidikan Kesetaraan, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, (2016) Pendidikan Kesetaraan, Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Ditjen. PLS

------------, (2009) Pedoman Pemetaan Kompetensi PTK–PNF. Jakarta: Ditjen. PMPTK

Dinas Pendidikan. (2018). Kualifikasi Pendidikan Tutor Paket C. Jakarta: Disdik Provinsi DKI Jakarta.

Mitrani, A., Daziel, M., And Fitt, D. (1992), Competency Based Human Resource Management: Value-Driven Strategies for Recruitment, Development and Reward, Kogan Page Limited:London.

PP. Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Depdiknas.

Sanghi, S. (2017). The Handbook of Competency Mapping, Understanding, Designing, and Implementing Competency Models in Organizations. Sage Publications. Asia-Pacific, Ltd.

Sanjaya. W. (2015). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Prenada Media

Spencer, M. L., and Spencer, M. S. (2003), Competence at Work:Models for Superior Performance, John Wily and Son. Inc. New York, USA.

Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas.

Published
2021-11-30
How to Cite
Neonufa, S., syukur, A., & Selly, F. (2021). Competence Profile Of Package C Tutors At 7 Non-Formal Education Units Sanggar Learning Activities (SPNF-SKB) - NTT. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 2(2), 40-48. https://doi.org/10.35508/eceds.v2i2.5883
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.