Strategies of Learning from Home in Kurnia’ Play Group

  • Sartika Kale(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Vanida Mundiarti(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: learning from home, early childhood, learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses Belajar dari Rumah (BDR) yang dilaksanakan oleh peserta didik dari Kelompok Bermain Kurnia Bakunase.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Waktu penelitian dari bulan Mei-Juni 2021 yang berlangsung di Kelompok Bermain Kurnia, Bakunase, Kota Kupang NTT. Informan dari penelitian ini berjumlah dua belas orang anak (semua peserta didik di KB Kurnia pada Tahun Ajaran 2020/2021) yang berusia empat sampai lima tahun, satu orang guru, dan orangtua murid. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh yaitu Kelompok Bermain Kurnia memiliki strategi khusus dalam melaksanakan proses Belajar dari Rumah (BDR) yang tidak menyulitkan orangtua dan anak seperti belajar tidak selalu melalui daring, adanya workshop sebelum orangtua menjalankan BDR bersama anak, orangtua dan anak tidak harus menyelesaikan semua tugas dalam satu hari, orangtua diberikan kebebasan untuk memanfaatkan alat dan bahan di rumah menjadi media pembelajaran dan penilaian dilakukan oleh orangtua sendiri karena orangtualah yang paling memahami perkembangan anak yang tentunya dengan bimbingan dari guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Keputusan Bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Kementerian dalam Negeri, “Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19), 15 Juni 2020.

Siaran Pers, Nomor: 137/sipres/A6/VI/2020, Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19): Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang melakukan Pembelajaran Tatap Muka.

Letik, S. M. (2020, Juli 1). Panduan Pembelajaran BDR dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 19 TK. Kupang, NTT, Indonesia: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang-NTT.

Utami, L. D. (2020, April 7). https://www.tribunnews.com/pendidikan/2020/04/07/proses-belajar-dari-rumah-banyak-kendala-tapi-siswa-tetap-semangat. Retrieved from Tribunnews.com: https://www.tribunnews.com/pendidikan/2020/04/07/proses-belajar-dari-rumah-banyak-kendala-tapi-siswa-tetap-semangat

Sikirit, D. (2020, Juni 3). https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/cerita/belajar-dari-rumah-selama-pandemi-covid-19. Retrieved from Unicef Indonesia: https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/cerita/belajar-dari-rumah-selama-pandemi-covid-19.

Menteri Kesehatan RI, Surat Edaran No. HK.02.01/MENKES/216/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan COVID-19 di Tempat Kerja, 27 Maret 2020.

PlumX Metrics

Published
2021-11-30
How to Cite
Kale, S., & Mundiarti, V. (2021). Strategies of Learning from Home in Kurnia’ Play Group. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 2(2), 74-78. https://doi.org/10.35508/eceds.v2i2.5954
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.