Role of PAUD Teacher in Introducing Letters for Chidren in West Golewa
Abstract
Melihat dari adanya kontroversi terkait dengan pembelajaran membaca bagi anak usia dini, menimbulkan banyak persepsi berbeda pada masing-masing pendidik dalam mengajarkan membaca untuk anak, termasuk pendidik lembaga PAUD di Golewa Barat dalam memberikan stimulasi pada kegiatan awal yang diberikan dalam tahap membaca bagi anak yaitu mengenalkan huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengenalkan huruf pada anak usia 5-6 tahun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tekhnik wawancara yang dilakukan kepada 3 orang guru yang merupakan wali dari kelompok B. Penelitian menunjukan hasil terdapat tiga peran guru dalam mengenalkan huruf kepada anak yaitu guru sebagai pendidik dan pengajar, guru sebagai motivator, dan guru sebagai evaluator.
Kata kunci: mengenal huruf, peran guru
Downloads
References
Feez, Susab. 2010. Montessori and Early Childhood. Los Angeles: SAGE.
Ismawati, Rusdi, Muh., Afiif Ahmad. 2021. Peranan Media Gambar Berbasis Pop-Up Book dalam Mengembangan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini. GENERASI EMAS., Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 4 Nomor 1, Mei 2021.
Maimunawati, Siti., Alif Muhammad. 2020. Perna Guru, Orangtua, Metode dan Media Pembelajaran Strategi KBM di Masa Pndemi Covid 19”.Serang: 3M Media Karya Serang.
Miles, Matthew B., and Huberman, Michael. 2005. Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta:UI-Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014.
Santrock , John W. 2011. Psikologi Pendidikan, Edisi 3, Buku 2. Jakarta : salemba Humanika, .
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yestiani, Dea Kiki, dan Zahwa, Nabila. 2020. Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 4, No. 1, Maret 2020;41-4