Role of PAUD Teacher in Introducing Letters for Chidren in West Golewa

  • Vanida Mundiarti(1*)
  • Rosalina Dhiu(2)
  • (*) Corresponding Author
Keywords: mengenal huruf, peran guru

Abstract

Melihat dari adanya kontroversi terkait dengan pembelajaran membaca bagi anak usia dini, menimbulkan banyak persepsi berbeda pada masing-masing pendidik dalam mengajarkan membaca untuk anak, termasuk pendidik lembaga PAUD di Golewa Barat dalam memberikan stimulasi pada kegiatan awal yang diberikan dalam tahap membaca bagi anak yaitu mengenalkan huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengenalkan huruf pada anak usia 5-6 tahun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tekhnik wawancara yang dilakukan kepada 3 orang guru yang merupakan wali dari kelompok B. Penelitian menunjukan hasil terdapat tiga peran guru dalam mengenalkan huruf kepada anak yaitu guru sebagai pendidik dan pengajar, guru sebagai motivator, dan guru sebagai evaluator.

 

Kata kunci: mengenal huruf, peran guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Feez, Susab. 2010. Montessori and Early Childhood. Los Angeles: SAGE.

Ismawati, Rusdi, Muh., Afiif Ahmad. 2021. Peranan Media Gambar Berbasis Pop-Up Book dalam Mengembangan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini. GENERASI EMAS., Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 4 Nomor 1, Mei 2021.

Maimunawati, Siti., Alif Muhammad. 2020. Perna Guru, Orangtua, Metode dan Media Pembelajaran Strategi KBM di Masa Pndemi Covid 19”.Serang: 3M Media Karya Serang.

Miles, Matthew B., and Huberman, Michael. 2005. Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta:UI-Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014.

Santrock , John W. 2011. Psikologi Pendidikan, Edisi 3, Buku 2. Jakarta : salemba Humanika, .

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yestiani, Dea Kiki, dan Zahwa, Nabila. 2020. Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 4, No. 1, Maret 2020;41-4

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
How to Cite
Mundiarti, V., & Dhiu, R. (2022). Role of PAUD Teacher in Introducing Letters for Chidren in West Golewa. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 3(1), 41-44. https://doi.org/10.35508/eceds.v3i1.7935
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.