Management Of Learning For Early Childhood During The Covid-19 Pandemic

  • Angelikus Nama Koten(1*)
  • Irul Khotijah(2)
  • (*) Corresponding Author
Keywords: pengelolaan pembelajaran, anak usia dini, covid 19

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dilakukan pada lima Lembaga PAUD di Kota Kupang. Pengumpulan data digunakan dengan menganalisis Teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan sebagai sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang Kepala Sekolah, 5 orang guru. Dan 5 orangtua anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk  menganalisis dan mendiskripsikan tentang pengelolaan pembelajaran bagi anak usia dini di masa pandemic covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Data yang dikumpulkan selanjutnya direduksi, didisplay, dan diverifikasi untuk merumuskan suatu kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pengelolaan pembelajaran yang ditetapkan pada masa pandemic Covid-19 adalah pembelajaran daring yang dikomunikasikan dengan pembelajaran luring. Dalam pengelolaan pembelajran baik daring maupun luring dilaksanakan giru-guru melalui tiga tahapan, yaitu Menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan kegitan pembelajaran, dan melakukan penilaian hasil belajar; (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran, para orangtua menunjukkan keterlibatan secara aktif dan bermakna. Peran serta orangtua dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi: menyediakan sarana penunjang, seperti hp android, laptop dan pulsa data; mendampingi dan membimbing anak belajar; menyiapakan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam belajar serta mengerjakan tugas-tugas; dan membuat catatan tentang kegiatan perkembangan anak pada saat belajar di rumah; (3) pengelolaan pembelajaran bagi anak usia dini pada masa pandemi covid-19 menghadapi beberapa kendala yang dapat menyebabkan pelaksanaan pembelajaran daring tidak berjalan sebagaimana mestina. Kendala-kendala dimaksud meliputi: kemampuan orangtua dalam penguasaan teknologi masih kurang memadai; tidak semua orang memiliki hand phone android; ada orangtua yang tidak menyediakan pulsa data; dan jaringan internet yang kadang terganggu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2017

Undang-undang RI. No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara

Suhendro, Eko. Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Journal Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini; Jilid 5, Terbitan 3. 2020. Halaman 133 – 140

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
How to Cite
Koten, A., & Khotijah, I. (2022). Management Of Learning For Early Childhood During The Covid-19 Pandemic. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 3(1), 30-40. https://doi.org/10.35508/eceds.v3i1.7959
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.