Management Of Learning For Early Childhood During The Covid-19 Pandemic
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dilakukan pada lima Lembaga PAUD di Kota Kupang. Pengumpulan data digunakan dengan menganalisis Teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan sebagai sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang Kepala Sekolah, 5 orang guru. Dan 5 orangtua anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskripsikan tentang pengelolaan pembelajaran bagi anak usia dini di masa pandemic covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Data yang dikumpulkan selanjutnya direduksi, didisplay, dan diverifikasi untuk merumuskan suatu kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pengelolaan pembelajaran yang ditetapkan pada masa pandemic Covid-19 adalah pembelajaran daring yang dikomunikasikan dengan pembelajaran luring. Dalam pengelolaan pembelajran baik daring maupun luring dilaksanakan giru-guru melalui tiga tahapan, yaitu Menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan kegitan pembelajaran, dan melakukan penilaian hasil belajar; (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran, para orangtua menunjukkan keterlibatan secara aktif dan bermakna. Peran serta orangtua dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi: menyediakan sarana penunjang, seperti hp android, laptop dan pulsa data; mendampingi dan membimbing anak belajar; menyiapakan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam belajar serta mengerjakan tugas-tugas; dan membuat catatan tentang kegiatan perkembangan anak pada saat belajar di rumah; (3) pengelolaan pembelajaran bagi anak usia dini pada masa pandemi covid-19 menghadapi beberapa kendala yang dapat menyebabkan pelaksanaan pembelajaran daring tidak berjalan sebagaimana mestina. Kendala-kendala dimaksud meliputi: kemampuan orangtua dalam penguasaan teknologi masih kurang memadai; tidak semua orang memiliki hand phone android; ada orangtua yang tidak menyediakan pulsa data; dan jaringan internet yang kadang terganggu.
Downloads
References
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2017
Undang-undang RI. No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara
Suhendro, Eko. Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Journal Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini; Jilid 5, Terbitan 3. 2020. Halaman 133 – 140
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta