PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA BUS SINAR GEMILANG (STUDI KASUS PADA PERUSAHAN BUS SINAR GEMILANG ATAMBUA)

Main Article Content

Hironimus Hale
Apriana H J Fanggidae
Merlyn Kurniawati
Markus Bunga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empaty terhadap kepuasan pelanggan bus sinar gemilang dengan menggunakan penelitian survey yang kuisionernya disebarkan kepada pelanggan Bus Sinar Gemilang untuk pengumpulan datanya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan Bus Sinar Gemilang dan jumlah sampel yang diambil berjumlah 50 responden dengan menggunakakn teknik rumus lemeshow. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Uji validitas dan uji reliabilitas digunakan dalam uji kualitas data, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas serta uji normalitas digunakan dalam uji asumsi klasik, dan uji t dan uji F digunakan untuk uji hipotesisnya. Uji kualitas data dan uji asumsi klasik sudah terpenuhi, dimana bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empaty memiliki hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bus Sinar Gemilang hasil dari uji F ditunjukkan secara simultan berpengaruh kelima variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji determinasi  menunjukkan bahwa nilai adjusted R square sebesar 0,810 yang menunjukkan besar persentase sumbangan variabel independen (X) terhadap variabel dependen sebesar 81,00% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.


Kata Kunci : Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empaty

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hale, H., Fanggidae, A., Kurniawati, M., & Bunga, M. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA BUS SINAR GEMILANG (STUDI KASUS PADA PERUSAHAN BUS SINAR GEMILANG ATAMBUA). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(4), 805-814. https://doi.org/10.35508/glory.v5i4.15431
Section
Articles

References

Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti (2007). “Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, Dan Masalah-masalah Sosial”. Yogyakarta: Gaya Media.
Bitner, Mary Jo, Zeithaml, Valarie A, (1996). Services Marketing. Edisi1. Boston. MCGraw-Hill.
Chistina Whidya Utami,2010.Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel
Dedhi, Yasinta. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan (Studi Pada Wisatawan Pada Hotel Kelimutu Ecolodge). Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Nusa Cendana. Kupang
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Fatimah, Amin. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Hotel T-More Kupang. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Nusa Cendana. Kupang
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ikram, Nyoko dan Fanggidae, (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Menginap (Studi pada resepsionis Hotel On The Rock Kupang). Journal Of Management (SME’s) Vol. 9,No.2 ,p167-174
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. PT RajaGrafindo Persada. Depok. Modern,Jakarta: Salemba Empat
Kotler, Philip, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadidan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua.
Ningsih, Yulia. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional II Sumatra Barat. Volume 6 , Nomor 1, pp. 1-3
Novrianto, J. (2016). Analisis kepuasan pelanggan pada Restoran Sop Tanjung Pertama (M1) di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 2(2), 171-189.
Selan dan Bessie, (2019) . Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Hotel Timor Megah Kota Soe) Vol. 10,No.3.p375 393.
Sugiyono, 2010. Metode Pendidikan Kualitatif (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta,Bandung.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Parasuraman. (2000). Delivering Service Quality. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Tjiptono, Fandy & Diana, Anastasia. (2015). Pelanggan Puas? Tak Cukup!. Yogyakarta : CV. Andi Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. (2016). Service, Quality, dan Satisfaction, edisi 4. Yogyakarta : CV. Andi Offset
Tjiptono, Fandy 2009.,Strategi Pemasaran. Yogyakarta:Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy 2014. Pemasaran Jasa, C.V ANDI OFFSET: Yogyakarta
Toleu, Messakh dan Bessie, (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Rumah makan Suka Ramai Kota Kupang.Vol 5,No.2.p139-154.
Utami, I. I., & Jatra, I. M. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Knsumen Pelanggan Restoran Baruna Sanur. Jurnal Manajemen Unud, 4(7), 1984-2000.
Yansah, R. A., Hartono, B., & Hariyono, M. (n.d.). Analisis Kualitas Pelayanan (service Quality) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten di Malang. Jurnal Ilmu-Ilmu Perternakan, 1(23), 30-34.