PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP MINAT BELI DI MARKETPLACE FACEBOOK (STUDI PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA KUPANG)

Main Article Content

George Noveril Hibur
Ronald P C Fanggidae
Merlyn Kurniawati
Yohanes R Benu

Abstract

Technology Acceptance Model (TAM) merupakan salah satu teori tentang penggunaan sistem teknologi informasi dan umumnya digunakan untuk menjelaskan penerimaan individual terhadap penggunaan sistem teknologi informasi. Technology Acceptance Model (TAM) memiliki teori yaitu niat seseorang dalam menggunakan teknologi ditentukan oleh dua faktor, yaitu Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use. Dalam penelitian ini, teori TAM menambahkan dua Variabel ekstrinsik yaitu Perceived Trust dan Perceived Risk kedalam TAM yang akan mempengaruhi Minat Beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Perceived Trust dan Perceived Risk terhadap Minat Beli Marketplace Facebook pada generasi milenial di kota Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Terdapat 120 responden dalam penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling yakni generasi milenial di kota Kupang yang berumur dari 20-40 tahun sebagai pengguna ataupun pernah menggunakan Marketplace Facebook. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Perceived Usefulness dan Perceived Risk berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, sedangkan variabel Perceived Ease Of Use dan Perceived Trust tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Marketplace Facebook pada generasi milenial di kota Kupang. Hasil penelitian ini juga membuktikan variabel Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Perceived Trust, dan Perceived Risk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli di Marketplace Facebook pada generasi milenial di Kota Kupang.


Kata Kunci: Minat Beli, Perceived Ease of Use, Perceived Risk, Perceived Usefulness, Perceived Trust, Technology Acceptance Model (TAM).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hibur, G., Fanggidae, R., Kurniawati, M., & Benu, Y. (2022). PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP MINAT BELI DI MARKETPLACE FACEBOOK (STUDI PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA KUPANG). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 3(3), 169 - 187. https://doi.org/10.35508/glory.v3i3.9559
Section
Articles

References

Chuttur, M. Y. (2009). Overview of the Technology Acceptance Model: Origins, Developments and Future Directions. Working Papers on Information Systems, 9(37), 9–37.
Caniago, A., & Rustanto, A. E. (2022). Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Umkm Di Jakarta. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 15(3), 367-378.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 319–340.
Davis, F. D. (1993). User Acceptance of Information Technology: System Characteristics, User Perceptions and Behavioral Impacts. International Journal of Man-Machine Studies, 38(3), 475–487.
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.
Jogiyanto, H. M. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Khotimah, K. & F. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen & Kreativitas Iklan Terhadap Minat Beli konsumen Online Shop. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19–26.
Kim, D. J., Ferrin, D. L., & Rao, H. R. (2008). A Trust-Based Consumer Decision-Making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Risk, and Their Antecedents. Decision Support Systems, 44(2), 544–564.
Kotler, K. K. P., & Manceau, D. (2012). Marketing Management 14e. Pearson France.
Kotler, P. (2005). Manajamen pemasaran, jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Lee, H.-J., & Huddleston, P. (2006). Effects of E-Tailer and Product Type on Risk Handling in Online Shopping. Journal of Marketing Channels, 13(3), 5–28.
Leeraphong dan Mardjo.A. (2013). Trust and Risk in Purchase Intention Through Online Social Network: A Focus Group Study of Facebook in Thailand. Journal of Economics, Business and Management, 1(4).
Lim, W. M., & Ting, D. H. (2012). E-Shopping: An Analysis of The Technology Acceptance Model. Modern Applied Science, 6(4), 49.
Ling, K. C., Chai, L. T., & Piew, T. H. (2010). The Effects of Shopping Orientations, Online Trust and Prior Online Purchase Experience Toward Customer’s Online Purchase Intention. International Business Research, 3(3), 63.
Lukas, P. (2017). Pengaruh Perceived Risk, Trust, Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use Terhadap Purchase Intention pada Website Lazada. Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Mayer, R.C., Davis, J.H., & S., & F.D. (1995). An Integrative Model of Organizational Trust. Academy of Management Review, 20(3), 709–734.
Nyoko, A. E. L. (2022). The role of social media marketing during the Covid-19 pandemic. Jurnal Manajemen Maranatha, 21(2), 113-120.
Nyoko, A. E., & Semuel, A. D. D. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di media sosial Facebook terhadap keputusan pembelian. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(1), 63-76.
Permana, A. I. (2020). Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan di Situs Belanja Online Bukalapak. Ekonomi Bisnis, 25(2).
Putra, Y. S. (2017). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9(2).
Santika, I. W. (2018). Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM). E-Jurnal Manajemen Unud, 7(8), 4124–4152.
Selvira, A. P., Nur, A., Semule, H., Fitri, R. F., & Partamo, V. S. (2020). Pengaruh Kemanfaatan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Blanja. com. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(03), 26–33.
Susanti, F. (2018). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli pada E-Commerce Lazada. co. id (Studi Pada Mahasiswa Jurusan S1 Manajemen “STIE KBP” Padang).
Venkatesh, V., Speier, C., & Morris, M. G. (2002). User Acceptance Enablers in Individual Decision Making About Technology: Toward an Integrated Model. Decision Sciences, 33(2), 297–316.
Wang, Y., Wang, Y., Lin, H., & Tang, T. (2003). Determinants of User Acceptance of Internet Banking: An Empirical Study. International Journal of Service Industry Management.
Wibowo, A. (2008). Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Konferebsi Nasional Sistem Informasi.