Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Materi Teorema Pythagoras Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Amabi Oefeto
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran matematika berbasis android terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain Quasi Experimental Design, bentuk Non Equivalent Control Group Design. Intrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa, selanjutnya dianalisis menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji kelinearan serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran matematika berbasis android terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Amabi Oefeto. Hasil itu terlihat dari hasil uji Independent sample t-test dengan 2,320 dan 2,011 sehingga didapatkan dengan nilai signifikan 0,025 lebih kecil taraf signifikan 5%. Hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran matematika berbasis android terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Amabi Oefeto
Downloads
References
Diyanti, D. (2021). Penggunaan Multimedia Berbasis Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Gorontalo. (Journal). Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Gorontalo.
OECD (2015). Programme for International Student Assessment (PISA)
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Safitri, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Android Berbantuan Appsgeyser.Com Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Dasar Negeri 74 Kota Bengkulu. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu (IAIN), Bengkulu
Susanto. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015.
Utari Wiranda (2020). Pengaruh Media Pembealajaran Berbasis Android Pada Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. (Journal). Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang.
Wulandari. A. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasisi android pada dasar-dasar Algoritma dan pemrograman untuk siswa kelas X SMK Nasional Berbah. (skripsi). Program studi informatika, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta