The Effect of Using Liquid Organic Fertilizer Based on Organic Waste on The Growth and Production of Chili Plants (Capsicum frutescens)

  • Mario Justinianus Santrum(1*)
    FKIP Undana
  • Moses Kopong Tokan(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Viviana Ningsi Mella(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: POC, Chili plants, Growth

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh dari penggunaan pupuk organik cair berbahan dasar limbah organik dengan konsentrasi yang berbeda terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabai dan signifikansi perbedaan pengaruh di antara rata-rata perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan rancangan acak lengkap yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan pada setiap perlakuan, sehingga keseluruhannya ada 20 satuan percobaan. Perlakuan terdiri dari konsentrasi pupuk organik cair 0 ml, 50, 100, 150, dan 200 ml. Parameter pertumbuhan dan produksi tanaman cabai yang diukur meliputi tinggi batang, jumlah daun, jumlah buah, dan berat basah buah. Data hasil pengukuran dianalisis menggunakan ANOVA dan jika ada perbedaan pengaruh, maka dilanjutkan dengan uji BNJ pada ɑ 5 % untuk mengetahui signifikansi perbedaan pengaruh di antara rata-rata perlakuan. Hasil uji ANOVA menunjukan bahwa Fhitung dari semua parameter pengukuran > Ftabel pada ɑ 5 %. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis alternatif diterima, yang berarti, ada perbedaan pengaruh dari pemberian pupuk organik cair dengan konsentrasi yang berbeda terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabai. Hasil uji lanjut dengan menggunakan uji BNJ memperlihatkan bahwa perbedaan konsentrasi pupuk organik cair berbahan dasar limbah organik belum cukup berbeda untuk memberikan perbedaan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan. 2021. Surat Edaran Tentang Hari Peduli Sampah Nasional 2021. Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia. Jakarta.
Widyabudiningsih, D., Troskialina, L., Fauziah, S., Shalihatunnisa, Riniati, Djenar, N. S., Hulupi, M., Indrawati, L., Fauzan, A., dan Abdilah, F. 2021. Pembuatan Dan Pengujian Pupuk Organik Cair Dari Limbah Kulit Buah-buahan Dengan Penambahan Bioaktivator EM4 Dan Variasi Waktu Fermentasi. Indonesian Journal Of Chemical Analysis, 04, 01 (2021), 30-39.
Sulistyorini, L. 2005. Pengelolaan Sampah Dengan Cara Menjadikannya Kompos. Jurnal Kesehatan Lingkungan Unair, 2 (1), 3951.
Pusat Pengkajian Perdagangan Dalam Negeri. 2021. Analisis Perkembangan Harga Bahan Pangan Pokok Di Pasar Domestik Dan Internasional. Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Jakarta.
Mardwita, Yusmartin, E. S., Melani, A., Atikah, A., dan Ariani, D. 2019. Pembuatan Kompos Dari Sampah Organik Menjadi Pupuk Cair dan Pupuk Padat Menggunakan Komposter. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 80-83.
Hadisuwito, S. 2012. Membuat Pupuk Cair. PT. Agromedia Pustaka.
Gaspersz, V. 1991. Metode Perancangan Percobaan Untuk Ilmu-ilmu Pertanian, Ilmu-ilmu Teknik, Dan Biologi. CV. Armico. Bandung.
Rosmawati, S., Mutakin, J., dan Fajarfika, R. 2021. Pengaruh Konsentrasi Dan Lama Fermentasi Pupuk Organik Cair Daun Kirinyuh (Chromolaena Odorata L.) Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.). Jurnal Agroteknologi Dan Sains. Fakultas Pertanian. Universitas Garut.
Meriatna, Suryati, dan Fahri, A. 2018. Pengaruh Waktu Fermentasi Dan Volume Bio Aktivator EM4 (Effective Microorganisme) Pada Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Dari Limbah Buah-buahan. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 7(11), 13-29. Fakultas Teknik. Universitas Malikussaleh.
Rahmah, A., Izzati, M., dan Parman, S. 2014. Pengaruh Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Limbah Sawi Putih (Brassica chinensis L.) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung Manis (Zea mays L. var. Saccharata). Buletin Anatomi Dan Fisiologi. Jurusan Biologi. Fakultas Sains Dan Matematika. Universitas Diponegoro.

PlumX Metrics

Published
2023-12-11