Eksplorasi Etnomatematika pada Tarian Cakalele Suku Abui di Kabupaten Alor dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada budaya tarian Cakalele Suku Abui di Kabupaten Alor, mendeskripsikan konsep matematika yang terkait serta menyusun perangkat pembelajaran untuk konsep matematika yang ditemukan pada budaya tarian Cakalele Suku Abui di Kabupaten Alor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data menurut Miles dan Huberman. Peneliti sebagai instrumen utama mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat etnomatematika pada budaya tarian Cakalele Suku Abui di Kabupaten Alor meliputi aktivitas menghitung, mengukur, merancang, melokalisir, permainan dan menjelaskan. Dari aktivitas-aktivitas tersebut, maka dapat diidentifikasikan konsep-konsep matematika di dalamnya. Konsep matematika pada budaya tarian Cakalele meliputi konsep perkalian, pola bilangan genap, barisan aritmatika, pengukuran, dan geometri. Dengan demikian, konsep-konsep matematika sekolah dalam budaya tarian Cakalele Suku Abui di Kabupaten Alor ini dapat dikembangkan dengan merancang perangkat pembelajaran yang bersesuaian
Downloads
References
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro jambi. Aksioma, 8(2), 99-101.
Kratochvil, F. (2007). A Grammar of Abui: A Papuan Languange of Alor. Netherlands: LOT
Maryati, & Pratiwi, W. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Tarian Tradisional pada Pembukaan Asean Games 2018. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 23-25. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc
Sa’adah, N., Haqiqi, A. K., & Malasari, P. N . (2021). Etnomatematika Gerakan Tari Kretek Kudus pada Pembelajaran Matematika. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 3(1), 58-71.
Zaenuri, & Dwidayanti, N. (2018). Menggali Etnomatematika: Matematika sebagai Produk Budaya. Prisma. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 472.