Peningkatan Kemampuan Membaca dan Hasil Belajar Melalui Media Gambar dan Kartu Huruf Siswa Kelas 2B SDN Buraen 1
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca dan hasil belajar melalui penggunaan media gambar dan kartu huruf Tema 5 Sub Tema 2 pada siswa Kelas II B SDN Buraen 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes hasil belajar, lembar aktivitas guru, dan lembar pengamatan aktivitas siswa Dari hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan kemampuan membaca siswa kelas II B SDN Buraen 1 menjadi 73,33% pada siklus 1 dan 100% pada siklus 2 setelah menggunakan media gambar dan kartu huruf. Peningkatan ini pun terjadi pada hasil belajar siswa dimana menjadi 53,33% pada siklus 1 dan 100% pada siklus 2.
Downloads
References
Habibah, U. (2013). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa madrasah ibtidaiyah melalui model paikem. Journal of Elementary Education, 2(2), 6–11.
Hanik, A. N. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas Xi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Wonosari. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Mariani, D., & Rizawati. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca pada AUD melalui Media Kartu Bergambar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6112–6119.
Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Rifanty, E. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Jpsd, 1(1), 6.
Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58
Trisniawati. (2014). mengungkapkan bahwa permainan adalah berbagai kegiatan yang sebenarnya dirancang dengan maksud agar anak dapat meningkatkan beberapa kemampuan tertentu berdasarkan pengalaman belajar. Permainan adalah alat bagi anak untuk menjelajahi dunianya dari yang ti. Universitas Negeri Yogyakarta, 117.
Widia Ningsih, P., & Dafit, F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41379
Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405