Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Penggunaan Kartu Huruf di Kelas IIA SDN Buraen 1

  • Yance Takaim(1*)
    SDN Buraen 1, Amarasi Selatan, Kupang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kartu huruf, Kemampuan membaca

Abstract

Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek perkembangan bahasa yang perlu dikembangkan. Berdasarkan pengamatan di lapangan, siswa kelas IIA, SDN Buraen 1 masih kesulitan menyebut satu per satu huruf pada sebuah kata. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media kartu huruf dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IIA SDN Buraen 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil penelitian diperoleh dari 83,33% dari 18 siswa memperoleh nilai sama dengan atau di atas KKM, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 83,33% di siklus 1 dan meningkat menjadi 100% di siklus 2, serta nilai hasil belajar siswa sebesar 61,11% pada siklus 1 dan 83,33% pada siklus 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kartu huruf ada peningkatan kemampuan membaca siswa kelas IIA SDN Buraen 1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, D. P., & Raudhoh, R. (2021). Menanamkan Karakter Gemar Membaca pada Anak Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri 131 Kota Jambi. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(1), 12–30. https://doi.org/10.30631/baitululum.v5i1.110
Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(2), 109–118. https://doi.org/10.14710/anuva.3.2.109-118
Putra. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Dasar Membaca. Jurnal Pendidikan, 4(1), 95. http://repository.iainbengkulu.ac.id/7209/
Rifanty, E. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Jpsd, 1(1), 6.
Rusniah, R. (2017). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok a Di Tk Malahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015/2016. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 114. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1445
Sari, C. P. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(32), 3128–3137. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/13875/13400
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Trisniawati. (2014). mengungkapkan bahwa permainan adalah berbagai kegiatan yang sebenarnya dirancang dengan maksud agar anak dapat meningkatkan beberapa kemampuan tertentu berdasarkan pengalaman belajar. Permainan adalah alat bagi anak untuk menjelajahi dunianya dari yang ti. Universitas Negeri Yogyakarta, 117.
Yunus, M. U. D. (2019). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Keterampilam Membaca Permula Siswa Kelas 1 SD Inpres Sambung Jawa 3 Kecematan Mamajang Kota Makasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, pp. 13–20).

PlumX Metrics

Published
2023-12-16