Pemahaman Nilai Tempat Melalui Demonstrasi

  • Neni Triani Bureni(1*)
    SDN Buraen 1, Amarasi Selatan, Kupang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Demonstrasi, Nilai Tempat, Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai tempat melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas IIB SDN Buraen 1. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya pemahaman siswa tentang nilai tempat dan kurangnya keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Metode demonstrasi diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai tempat dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Rekomendasi yang diberikan adalah agar guru dapat lebih aktif dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran dan memberikan rekomendasi kepada guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, dkk. (2015). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukerti, N. N. (2021). Penerapan Metode Demontrasi Berbantuan Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Matematika). Journal of Education Action Research, 5(2), 232-238.
Wulandari, S. F. 2012. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SDN 2 Ketajen. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

PlumX Metrics

Published
2023-12-21