Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Adminitrasi Pembelajaran SD Inpres Bokong 1 Tahun Ajaran 2023/ 2024

  • Yosefina Sabudora(1*)
    SD Inpres Bokong 1, Takari, NTT
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Supsupervisi akadeemik, Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi pembelajaran di SD Inpres Bokong 1 melalui penerapan supervisi akademik. Subjek penelitian adalah 11 guru SD Inpres Bokong. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik supervisi pertemuan formal, dimana adanya kesepakatan waktu antara kepala sekolah dan guru untuk dilaksanakan supervisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan langkah yang sama yaitu perencanaan, pelaksanaan, obesrvasi dan refleksi. Instrumen observasi yang digunakan adalah alat penilaian kemampuan guru (APKG) berupa: Instrumen penilaian administrasi pembelajaran yang mencakup 13 komponen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data desriptif. Hasil analisa data yang ada diperoleh informasi bahwa penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi pembelajaran di SD Inpres Bokong 1. Kondisi awal dan tindakan menunjukkan temuan rata – rata skor kemampuan guru dalam penyusunan administrasi pembelajaran kondisi awal 70.90% dengan kategori “Cukup” pada tindakan Siklus I dan persentasinya naik pada siklus II menjadi 77,62% dengan kategori “baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, H.K.D., (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Administrasi Penilaian melalui Penerapan Supervisi Akademik di SD Negeri 01 Wanggarasi. Jurnal Ideas Publishing, 6(1), 189 – 204.
Ayubi, U.Y., Syahmuntaqy, M.T., Prayoga, A. (2020). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Pendidik. Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan. 2(2), 118 – 130.
Gusbandono, T., Sukardjo, J.S., dan Utomo, S.B., (2013), Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif
Hasan, M. (2022). Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi dan Kinerja Guru di MA Al Ishlal Natar dan MA Mathlaul Anwar Cinta Mulya. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. 6 (1), 85 – 97.
Husni, A., Amrullah, Boyzami, Putra, M. (2022). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SD Negeri Kutang. Prosiding Seminar Nasional, Universitas Bina Bangsa Getsempena. Oktober 2022.
Jusuf, S.K. (2022). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Adminsitrasi Penilaian di SDN 15 Kota Barat. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian. 2 (3). 921 – 929.
Madjid, J. (2021). Implementasi Supervisi Akademik dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri 06 Popayato Barat. Jurnal Ilmu Pendidikan Non-Formal, 7 (3), 885 – 894.
Nurindarwati, R. (2020). Penerapan Supervisi Akademik Pengawas Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan Administrasi Pembelajaran. Jurnal Kajian Keislaman. 8(4), 14 – 34.
Parida, Lian, B., Sari, A.P. (2020). Implementasi Penilaian Kinerja Berdasarkan Tugas Pokok dan Fungsi Guru Melalui Instrumen Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (2), 1676 – 1683.
Samudi. (2018). Penerapan Supervisi Akademik sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 1 (1). 142 – 149.
Zainudin. (2022). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SDN 002 Batu Ampar Kota Batu. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10 (1), 65 – 70

PlumX Metrics

Published
2023-12-10