Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SDN Oesusu Pada Materi Energi Menggunakan Laboratorium Virtual (PHET)
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi Energi Menggunakan Laboratorium Virtual (PHET). Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan evaluasi. Lokasi penelitian adalah SD Negeri Oesusu, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, dengan jumlah subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Penggunaan PHET memberikan gambaran pProses pembelajaran lebih interaktif antara guru dan siswa. Terlihat dari data aspek aktifitas siswa meningkat dibanding sebelum menggunakan pendekatan laboratorium virtual PHET. Hasil yang diperoleh menunjukan sebagian besar siswa menunjukkan kemampuan akhir yang lebih baik dibandingkan dengan kemampuan awal sebelum tindakan dengan ditunjukkan hasil observasi terhadap keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran melalui Laboratorium Virtual (PHET). Dari hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran dan refleksi maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPA
Downloads
References
Sulistyorini, S. (2007). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Wieman et al. (2010). Teaching Physics Using PhET Simulation. The Physics Teacher, 48(4),225-227