Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SDN Oesusu Pada Materi Energi Menggunakan Laboratorium Virtual (PHET)

  • Dorce Banu(1*)
    SDN Oesusu, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pemahaman konsep, laboratorium virtual

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi Energi Menggunakan Laboratorium Virtual (PHET). Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan evaluasi. Lokasi penelitian adalah SD Negeri Oesusu, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, dengan jumlah subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Penggunaan PHET memberikan gambaran pProses pembelajaran lebih interaktif antara guru dan siswa. Terlihat dari data aspek aktifitas siswa meningkat dibanding sebelum menggunakan pendekatan laboratorium virtual PHET. Hasil yang diperoleh menunjukan sebagian besar siswa menunjukkan kemampuan akhir yang lebih baik dibandingkan dengan kemampuan awal sebelum tindakan dengan ditunjukkan hasil observasi terhadap keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran melalui Laboratorium Virtual (PHET). Dari hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran dan refleksi maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khoir, A. (2008). Kesulitan belajar sains: Studi Pada Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Sains Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Jatimulya Kabupaten Bekas. [versi elektronik]. Turats, 4, 1-21.
Sulistyorini, S. (2007). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Wieman et al. (2010). Teaching Physics Using PhET Simulation. The Physics Teacher, 48(4),225-227

PlumX Metrics

Published
2023-12-16