Permainan Membandingkan Dan Mengurutkan Bilangan Menggunakan Animasi Interaktif
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Oesusu pada materi mengurutkan dan membandingkan bilangan. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan evaluasi. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri Oesusu, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, dengan jumlah subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV sebanyak 18 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan dua tahap yakni permainan mengurutkan dan membandingkan bilangan serta penguatan memalui media animasi. Hasil yang diperoleh menunjukan Hasil observasi menunjukan bahwa lebih drai 90% siswa memiliki keaktifan yang baik atau berada pada kategori sangat terampil juga klasifikasi kemampuan guru berada pada kategori amat baik. Tes hasil belajar dilakukan diakhir siklus kedua dengan ketuntasan kelas lebih dari 70% memperoleh nilai lebih besar dari 65 atau rata-rata n-gan pada kategori sedang
Downloads
References
Permendikbud No. 22 tahun 2006. Tentang standar isi. DP Nasional. Jakarta: Depdiknas, 2006.
Rosnawati, R. (2009) Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika Untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Seminar Nasiomal FMIPA UNY, 16 mei 2009
Sriyanto. (2017) Mengobarkan api matematika. CV Jejak (Jejak Publisher), 2017
Sujoko. (2013) Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun. Jurnal Kebiakan dan Pengembangan Pendidikan, 2013