Pengembangan Literasi Siswa Melalui Pembelajaran Peta Konsep Bagi Siswa Kelas III SDN Oesusu

  • Cilydia I Loelan(1*)
    SDN Oesusu, Kec. Takari, Kab. Kupang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: peta konsep, literasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Oesusu pada materi Aku membutuhkan orang lain  melalui pembelajaran peta konsep. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam proses berdaur (siklus) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri Oesusu, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, dengan jumlah subjek penelitian adalah siswa kelas III SD sebanyak 15 orang, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki, dan 4 siswa Perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) tes hasil belajar, 2) Lembar observasi kemampuan guru, 3) lembar pengamatan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan literasi siswa serta dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faridah, A., Mulyanratna, M., & Nasrudin, H. Penerapan Strategi Peta Konsep pada Materi Energi dan Perubahannya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Krian (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Mardin, A. S. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Peta Konsep pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA Negeri 1 Campalagian. Matematika dan Pembelajaran, 4(2), 80-103.
Nugroho, O. F., & Nurcahyo, M. A. (2018). Analisis literasi pendidikan STEM pada siswa dan pemahaman konsep IPA melalui peta konsep di SDN Palasari II. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 1(2), 121–124.
Putri, H. K., & Mahardika, I. K. (2016). Model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai teknik peta konsep dalam pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 321–326.
Samosir, C. M (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk Kelas VIII SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Siswono, T. Y. E. (2007). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Dan Mengajukan Masalah Matematika. (Disertasi). Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Surabaya

PlumX Metrics

Published
2023-12-21