Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPA Sub Tema Zat Tunggal dan Campuran Siswa Kelas V SDI Boking

  • Hiwa Wonda(1)
  • Andriyana A. D. Lehan(2)
  • Merchi Gadelya Foreira Atty(3*)
    pendidikan guru sekolah dasar
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Media, Big Book, Creative thinking skills

Abstract

Penelitian ini didasari oleh motivasi belajar siswa yang rendah yang berimplikasi pada rendahnya keterampilan berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media big book yang berfokus pada pembelajaran IPA dengan materi zat Tunggal dan campuran. Jenis penelitiannya adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D digunakan untuk memadu studi pengembangan, dan kuesioner, pretest-posttest, serta dokumentasi digunakan dalam menganalisis data. Evaluasi kebermanfaatan media berdasarkan uji validitas, uji kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Aspek validitas diperoleh dari hasil penelitian ahli, kepraktisan diperoleh dari hasil penilaian siswa serta efektif berdasarkan peningkatan hasil belajar setelah penerapan pembelajaran dengan media big book

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2013). Mendia Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Daryanto & Suwardi. (2017). Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Gava Media.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Johnson, E.B. (2007). Contekstual Teaching and Learning. Bandung: MLC.
Munandar, U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo persada.
USAID. (2014). Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK. Jakarta: USAID

PlumX Metrics

Published
2024-12-28