Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite Pada Materi Trigonometri Kelas X Sma Negeri 2 Nubatukan

  • Febronia Apolonia Langobelen(1*)
    Univesitas Nusa Cendana
  • Siprianus S. Garak(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Irna Karlina Sensiana Blegur(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Android, Trigonometri

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan terciptanya inovasi dalam berbagai bidang termasuk pendidikan. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada materi trigonometri yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and development) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Hasil rata-rata total kevalidan media (RTV) dari ahli materi yaitu 4.62 dan ahli media yaitu 4.64 sehingga media pembelajaran berbasis ini termasuk dalam kategori “sangat valid”. Hasil rata-rata total kepraktisan (RTP) media kelas kecil diperoleh 4.43 dan pada kelas besar diperoleh 4.6 sehingga media pembelajaran berbasis android ini termasuk dalam kategori sangat praktis dari respon peserta didik. Tetapi respon dari guru belum teruji kepraktisannya dikarenakan terdapat kendala yang menjadikan ini sebagai keterbatasan penelitian. Hasil tes evaluasi pada uji coba kelas kecil diperoleh presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah 100% dan uji coba kelas besar diperoleh presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah 74.19% termasuk dalam kategori efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akker, J. Van den. (1999). Principles and Methods of Development Research. In Stochastic Environmental Research and Risk Assessment (Vol. 29, Issue 7). https://doi.org/10.1007/s00477-014-0937-9
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono, D. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.8204
Bana, R. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Microsoft Power Point dan Ispring Pada Materi Barisan dan Deret Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri Kualin. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusa Cendana Kupang.
Blegur, I. K. S. (2020). Studi Fenomenologi: Problematika Mahasiswa Asing Belajar Statistika di Perguruan Tinggi. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 56–67. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.3048
Blegur, I. K. S., Oktaviani, K. N., & Retnowati, E. (2017). Apakah Strategi Goal-Free Dapat Memfasilitasi Literasi Matematika Siswa ? 359–364.
Dasmo, Lestari, A. P., & Alamsyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 9 Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 99–102. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/3979/0
Fobia, A. S., Nenohai, J. M. H., & Nubatonis, O. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Amanuban Barat. Haumeni Journal of Education, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.35508/haumeni.v3i1.10840
Garak, S. S. (2023). Penguatan Konten Matematika bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Takari Kabupaten Kupang. 4(1), 41–49.
Garak, S. S., Degeng, I. N. S., Setyosari, P., & Dasna, I. W. (2016). The Effects of Geometrical Illustration on Basic Concept Understanding in Real Variable Analysis II. International Conference on Education: Education in the 21St Century: Responding To Current Issues, 855–860.
Hanisah, Irhasyuarna, Y., & Yulinda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Ispring suite 10 pada Materi Reproduksi Tumbuhan untuk Mengukur Hasil Belajar. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 6–16.
Hulwani, A. Z., Pujiastuti, H., & Rafianti, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android Matematika dengan Pendekatan STEM pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2255–2269. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.717
Irmawan, K. D., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2013). Dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan lks Terstruktur untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika ( Volume 2 Tahun 2013 ).
Jannah, M., Husna, A., & Nurhalimah, S. (2020). Pembuatan Aplikasi Android dengan Cepat Menggunakan Ispring untuk Menunjang Pembelajaran Secara Daring. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 66–72. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i2.8
Julianti, M., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 888–896.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).
Mudrikah, S., Kusmuriyanto, & Kardiyem. (2021). Upaya Menumbuhkan Budaya Paperless Melalui Pemanfaatan Ispring Quiz Maker di SMK YPPM Boja. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 89–99.
Muhamad, F., & Mozana, H. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjuan Teoritis dan Praktik (N. K. H (ed.); Pertama). Universitas Hamzanwadi Press.
Purnama Sari, M., & Ridwan, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran IPA Kelas IX Di SMP Negeri 5 Panyabungan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), 216–223. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3660
Rochmad. (2021). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 32–39.
Sumarsono, A., Sianturi, M., & Musamus, U. (2019). Peluang Media Interaktif Dalam Menunjang Efektivitas. Jurnal Pendidikan Edutama, JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ) 6(2), 101–110.
Utami, A. N., & Mampouw, H. L. (2020). Pengembangan Media Smart Trigo untuk Pembelajaran Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 939–949. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.227

PlumX Metrics

Published
2024-06-21
Section
Articles