Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa

  • I Wayan Sukarjita(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Nikodemus U. J. Hauwali(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Yusuf H. M. Yusniati(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Model, Conceptual Understanding Procedures (CUPS), Student Teams Achievement Division (STAD), Learning Outcome

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 7 Kupang pada penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS). Jenis penelitian ini ialah kuantitatif deskriptif dengan sampel penelitian ialah siswa kelas XI.1SMA Negeri 7 Kupang sebagai group 1  (kelas eksperimen) dan XI.9 sebagai group 2 (kelas kontrol). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini ialah soal tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) dan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD).Selanjutnya, dengan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) pada group 1 terdapat hasil belajar siswa yang lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada group 2, dibuktikan dengan nilai persentase peningkatan hasil belajar  ranah kognitif CUPS 74% > STAD 71% ranah afektif CUPS 64% > STAD 57% dan ranah psikomotorik CUPS 53% < STAD 56%. Dari data yang diperoleh menggambarkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CUPS adanya peningkatan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, G. H., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Model Pembelajaran CUPs Berbantuan e-LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 360–366. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Crowther, C. H. (1999). Seeing and learning. In New Scientist (Vol. 162, Issue 2188).
Harahap, Y. N., & Lubis, L. S. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di SMP Muhammadiyah 01 Medan. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 40–46. https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.323
Irwan, S., Thamrin, T., & Budayawan, K. (2018). Kontribusi Partisipasi Aktif Siswa Dan Fasilitas Pratikum Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel (Tkb) Kelas X Jurusan Teknik Audio Video Di Smk Negeri 1 Batipuh. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 4(1). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v4i1.5846
Ismawati, F., Nugroho, S. E., Dwijananti, P., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Curiosty Dan Pemahaman Konsep Siswa Application of Conceptual Understanding Procedures for Improving Student Curiosity and Understanding Concepts. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10, 22–27. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3047
Juhji. (2017). Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi. Jurnal Formatif, 7(1), 33–39.
Mahmud, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Mantel Sang Ahli. Saintifik, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i1.94
Pratiwi, Soedjoko, & Mulyono. (2014). Efektivitas Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Aspek Koneksi Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 41–47.
Ruchkin, J. P. (1974). Teacher Centers. Journal of Teacher Education, 25(2), 170–174. https://doi.org/10.1177/002248717402500222
Simatupang, S., & Tiarmaida, T. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X Semester Ii Sma Negeri 8 Medan T.P. 2013/2014. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 1(1), 25. https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2693
Wahyuni, R. (2016). Pembelajaran Kooperatif Bukan Pembelajaran Kelompok Konvensional. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 37–43.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

PlumX Metrics

Published
2024-06-21
Section
Articles