Penerapan Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Persamaan Garis Lurus

  • Ni Luh Kadek Juniarty(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Juliana M.H. Nenohai(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Yohanes H. Nada(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Problem Based Learning, Media Animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Timur dengan menerapkan model problem-based learning berbantuan media animasi pada pembelajaran persamaan garis lurus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi dengan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 31,32% pada pra siklus meningkat menjadi 52,79% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 75% pada siklus II. Penerapan model problem-based learning juga meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Persentase aktivitas guru mencapai 100% pada siklus I dan II serta persentase aktivitas siswa mencapai 94,7% pada siklus I meningkat pada siklus II sebesar 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori dan Riset (TEOREMA), 2(1), 39-46.
Fobia, M. S., Nenohai, J. M. H., & Samo, D. D. (2021). Tren Blender Learning Untuk Pengembangan Keterampilan Berpikir Matematika Siswa. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2). 94-104
Hafriani. (2021). Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan NCTM Melalui Tugas Terstruktur dengan Menggunakan ICT (Developing The Basics Abilities of Mathematics Students Based On NCTM Through Structured Tasks Using ICT). Jurnal Ilmiah Didaktika. 22(1), 63-80.
Irma, A., & Nada, Y.H. (2024). Desain Hypotetical Learning Trajectory (HLT) pada Materi Statistika Konteks Adi Wiyata. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 5(1), 64-76.
Lantang, G. J., dkk. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Kriteria Watson. Marisekola: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 2(2). 39-52
Nada, H. Y. (2023). Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Berpikir Aljabar Ditinjau dari Jenjang Sekolah. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 12-25.
Nada, H. Y. (2024). Implementasi Bahan Ajar Pokok Bahasan Aljabar Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan Saintifik. Soulmath: Jrnal Edukasi Pendidikan Matematika. 11(2), 191-206.
Niak. Y., Mataheru W., & Ngilawayan D. A. (2018). Perbedaaan Hasil Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Konvensional. Journal of Honai Math, 1(2), 67-80.
Nurhayati, M. dkk (2021). Pengembangan Media Poster dengan Konteks Covid 19 untuk Memperkenalkan Kegunaan Statistika. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 54-64.
Rezeki, S. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash C56 Berbasis Problem Based Learning Tambusai, 4(2), 856-864.
Sa’diyyah, H. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang, 1-9.
Setiani, A., Suryani, & Suningsih. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. Prisma Universitas Suryakancana, 9(2). 128-135.
Suryani, M., Jufri L. H., & Putri T. A. (2020). Analisa Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(9), 119-130.
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basic Edu, 5(3). 1120-1129.

PlumX Metrics

Published
2024-12-28