Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan PPT Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa

  • Maher Fredik Fangidae(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Siprianus S. Garak(2)
  • Juliana M. H. Nenohai(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Achievement Division (STAD), Kemampuan Komunikasi, PPT Interaktif

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi polinomial sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Timur dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan PPT interaktif pada materi polinomial. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan dengan prosedur pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. TeknikTeknik pengumpulan data yang digunakan adalah observes dan Tes.  Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan analisis datanya berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa pada siklus I adalah 61,9% terlihat meningkat menjadi 80,95% pada siklus II. Sementara untuk hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 89,7% terlihat meningkat menjadi 92,5% pada siklus II dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 84,06% meningkat menjadi 89,3% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi polinomial dengan berbantuan PPT interaktif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Timur

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, P. (2007). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V SD Kalipucangkulon 02 Jepara. (skripsi). Pendikian matematika, Universita Negeri Semarang, Semarang.
Depdiknas. (2003). Draft Kurikulum 2004: Kerangka Dasar dan Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SD/MI. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Hulul, Y. (2023). Problematika Guru Dalam Pengembangan Teknologi Dan Media Pembelajaran. Education and Learning Journal, Vol 2 (6), 841.
IMSTEP-JICA (1999). Monitoring Report on Current Practice on Mathematics and Science Teaching and Learning. Bandung: IMSTEP-JICA
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Saragih, S. (2007). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Kemunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Desertasi Doktor pada PPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Goup, Jakarta
Usman, U. & L. Setiawati. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya; Bandung.
Wibowo, Ari Mukti. (2021). Efektifitas Media Power Point Bernarasi dalam Pembelajaran Gempa Bumi di SMP Islam Terpadu Ar-Tawaazun. Unpublished Thesis: Universitas Muhammadiyah Surakarta

PlumX Metrics

Published
2024-12-29