Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Construct 2 Pada Materi Fungsi Komposisi

  • Risna Destriana Loko(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Damianus D. Samo(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Irna K. S. Blegur(3)
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Android, Fungsi Komposisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan construct 2 pada materi fungsi komposisi untuk peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Rote Timur yang Valid, Praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) serta model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Rote Timur. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran yaitu valid, praktis, dan efektif. Rata-rata total kevalidan yang diperoleh berdasarkan penilaian validator adalah 4,65 dengan kategori “sangat valid”. Rata-rata total kepraktisan oleh guru adalah 4,75, rata-rata total kepraktisan oleh siswa pada uji coba kelas kecil adalah 4,80, dan kelas besar adalah 4,43 dengan kategori “sangat praktis”. Presentase ketuntasan belajar siswa pada uji coba kelas kecil sebesar 100% dengan kategori “sangat efektif” dan uji coba kelas besar sebesar 75% dengan kategori “efektif”. Dengan demikian media pembelajaran berbasis android sangat layak digunakan dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blegur, I. K. S., Oktaviani, K. N., & Retnowati, E. (2017). Apakah Strategi Goal-Free Dapat Memfasilitasi Literasi Matematika Siswa ? 359–364.
Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14-28.
Fobia, A. S., Nenohai, J. M. H., & Nubatonis, O. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Amanuban Barat. Haumeni Journal of Education, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.35508/haumeni.v3i1.10840
Kahraman, M. (2015). Game based Education with Android Mobile Devices. 4-7.
Khorunnisya, M. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran dengan software Construct 2 pada Materi Bangun Ruang sisi Datar (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Riau, Pekan baru.
Muhtasyam, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Game Edukasi Berbasis Android dengan Software Construct 2 pada Materi Aljabar. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Matematika, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Nada, Y. H. Development of teaching materials on algebra using the mind mapping model with a scientific approach. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 7(2), 67-85. http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.7.2.67-85
Satyaputra, A & Aritonang E. M. (2016). Let’s Build Your Android Apps with Android Studi. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, CV.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pemgembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Ika, 11(1), 12-26.

PlumX Metrics

Published
2025-01-03