PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGANYAM ORANG MOLLO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN 1 MOLLO UTARA PADA MATERI POLA BILANGAN

  • Milen Christye Sabneno(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Wara Sabon Dominikus(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Juliana M. H. Nenohai(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Budaya Menganyam, Pendidikan matematika realistik, Pola bilangan, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah model pembelajaran yang lebih cenderung bersifat menggunakan rumus dan kurang  menghubungkannya dengan aktivitas sehari-hari siswa yang terjadi di kelas VIII.3 SMP Kristen 1 Mollo Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika menganyam orang Mollo untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.3 SMP Kristen 1 Mollo Utara pada materi pola bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengacu pada model Kemmis & McTaggrat, dengan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu : Perencanaan (planning), Pelaksanaan Tindakan (action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran  Matematika Realistik berbasis etnomatematika menganyam Orang Mollo dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.3 SMP Kristen 1 Mollo Utara pada materi pola bilangan. Hal ini dibuktikan dengan presentase belajar siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 60% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86,67%. Oleh karena itu, saran bagi guru-guru di Mollo Utara untuk menggunakan pendekatan ini dalam pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Timor Tengah Selatan. 2016. Mollo Utara Dalam Angka 2016. Soe: BPS Timor Tengah Selatan.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Timor Tengah Selatan. 2018. Mollo Utara Dalam Angka 2018. Soe: BPS Timor Tengah Selatan.

Banoet, M. R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika dalam Aktivitas Berladang Masyarakat di Kecamatan Tobu dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika. (Skripsi). Pendidikan Matematika Universitas Nusa Cendana Kupang.

Dominikus, W. S. (2016). Enomatematika Adonara dan Kaitannya Dengan Matematika Sekolah. Disertasi. Malang: Pendidikan Matematika Universitas Negri Malang.

Dominikus, W. S. (2018). Etnomatematika Adonara. Malang: Media Nusa Creative.

Dominikus, W. S. 2019. Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika (PMBE). Prosiding of Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Nusa cendana”Peran pendidikan matematika Dalam Era Revolusi Industri 4.0”,Kupang: 21 Juni 2019.

Gravemeijer, K. (1994). Devloping Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freundental Institude.

Gunawan, F. I. (2019). Kajian Etnomatematika Terhadap Permainan Tradisional Di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Prosiding Sendika, 5(1).

Habibi, H. dan Suparman, S. (2020) “Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21,” Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), hal. 57.

Husin, V. E. R & Billik, A. H. 2019. Identifikasi Konsep pada Kearifan Lokal Anyaman di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Fisika. Vol.4, No.2 – Oktober 2019

Sae, S. N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Menganyam Dalam Masyarakat Mollo Utara Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika. (Skripsi). Pendidikan Matematika Universitas Nusa Cendana Kupang.

Septantiningtyas, N., Dhofir, M., & Husain, W. M. (2020). PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.

Soeadji, R. (2007). Dasar - Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 1.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Media Grup

Susilawati, M., Syunikitta, M., Silamat, E., Mas’ud, F., & Nggandung, Y. (2025). Collaboration of Indigenous Communities and Academics in Creating Digital-Based Technology. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 177–183. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2389

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu

Widodo, S.A., Purnami, A.S. & Prahmana, R.C.I. (2017) “Team Accelerated Instruction, Initials, and Problem-Solves Ability in Junior High School,” International Journal On Emerging Mathematic Education, 1(2), hal. 193–204.

PlumX Metrics

Published
2025-07-01