IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VII SMPK SANTA MARIA ASSUMPTA

  • Yustina Anaet(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Fredik Lambertus Kollo(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Dorkas Yufice Ariyanti Kale(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Motivasi Belajar, PPKn

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik yang berdampak pada proses pembelajaran yang kurang optimal, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMPK Santa Maria Assumpta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan peserta didik memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar. Siswa menunjukkan keterlibatan aktif, antusiasme yang lebih tinggi, serta pemahaman materi yang lebih baik. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif sebagai pendekatan yang mampu mendorong partisipasi belajar yang lebih bermakna dalam konteks pembelajaran PPKn di tingkat SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Istianah, A., Irawan, H., & Mas’ud, F. (2024). Peran Guru Pendiddikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Sekolag Damai Berkebhinnekaan. Jurnal Bhineka Tunggal Ika Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 11(02).

Jati, D. H. P., & Mediatati, N. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn melalui Aplikasi Quizizz. Journal of Education Action Research, 6(3), 383-389. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.50348

Khasanah & Alfrianda. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas IX di SMPN 33 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5324-5327. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11857

Komalasari, M. D. (2023). Pemetaan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 4(1), 27-32. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/15116

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1-58.

Maryam, Atik Siti. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Rokmah, S. (2022). Meningkatkan Hasil belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri Pamarican 1. El-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 1-10. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v6i1.759

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Susilawati, M., Syunikitta, M., Silamat, E., Mas’ud, F., & Nggandung, Y. (2025). Collaboration of Indigenous Communities and Academics in Creating Digital-Based Technology. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 177–183. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2389

Suwardi, F. P. E., et all. (2023). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Konten Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Yogyakarta, 57-66

PlumX Metrics

Published
2025-06-30