PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI KEBINEKAAN INDONESIA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH KUPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Canva pada materi Kebinekaan Indonesia untuk siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Kupang. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kategori sangat layak berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, dengan skor rata-rata masing-masing sebesar 91,2% dan 88,5%. Uji coba terbatas menunjukkan respon positif dari siswa, di mana 85% menyatakan media menarik dan mudah dipahami, serta 90% menyatakan media membantu pemahaman konsep kebinekaan. Media pembelajaran berbasis Canva terbukti mampu meningkatkan keterlibatan siswa serta mendukung pembelajaran nilai-nilai kebangsaan secara visual, interaktif, dan kontekstual. Dengan demikian, media ini dapat menjadi alternatif strategis dalam pembelajaran PPKn, khususnya pada materi yang berorientasi pada penguatan karakter kebangsaan.
Downloads
References
Bani, M. D. S., Ly, P., Kollo, F. L., Masud, F., & Uf, S. N. (2024). Assistance in Creating Canva-Based Learning Media. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(1), 66–69. https://doi.org/10.37010/kangmas.v5i1.1594
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systemic design of instruction. Allyn and Bacon. S.
Fadilah, N., & Nuryadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(3), 205-215. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i3.177
Mardiana, R., Setiawan, A., & Rahman, T. (2022). Media Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Pemahaman Kebinekaan di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 4(1), 14–23. https://doi.org/10.31940/jpsh.v4i1.3129
Mas' ud, F. (2019). Implikasi Undang-Undang Perlindungan Anak Terhadap Pekerja Anak (Suatu Kajian Sosiologi Hukum Terhadap Anak Penjual Koran Di Kota Kupang). JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 4(2), 11-19.
Mas' ud, F. (2024). Peran Perempuan di Sektor Publik: Kajian Hak Asasi Manusia terhadap Perempuan Pegawai SPBU di Kota Kupang. Media Sains, 24(2), 61-64.
Nugraha, A. B., Mas’ud, F., Sudiyarti, S., Qurtubi, A. N., & Fkun, E. (2023). Death Penalty for Ferdy Sambo In Human Rights Perspective (Non Derogable Right Vs Derogabel Right). Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(3), 1342-1346.
Susilawati, M., Syunikitta, M., Silamat, E., Mas’ud, F., & Nggandung, Y. (2025). Collaboration of Indigenous Communities and Academics in Creating Digital-Based Technology. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 177–183. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2389
Wahyuni, S., & Putra, R. A. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Era Digital: Studi pada Guru SMP di Indonesia Timur. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 5(2), 112–120. https://doi.org/10.24114/jitp.v5i2.4456
Yuliani, T., & Hartati, S. (2021). Implementasi Nilai Kebinekaan dalam Pembelajaran IPS: Studi pada Siswa SMP di Kawasan Multikultural. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 31(2), 89–97. https://doi.org/10.17509/jpis.v31i2.32047