PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI
Abstract
Pada dasarnya, daya hayal dan pemahaman konsep peserta didik harus terus dipacu melalui pengalaman belajar yang kontekstual dan berbasis teknologi. Pembelajaran kontekstual memungkinkan peserta didik mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat lebih mudah memahami konsep yang diajarkan. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah GeoGebra, sebuah perangkat lunak interaktif yang membantu visualisasi konsep matematika, khususnya trigonometri. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas X Asisten Perawat 1 SMK Kencana Sakti Haumeni Soe, diketahui bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah, terutama pada materi trigonometri yang bersifat abstrak dan memerlukan pemahaman visual serta pemodelan yang kuat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan pendekatan kontekstual berbantuan GeoGebra pada materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang dianalisis meliputi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar dari 45,8% pada siklus I menjadi 83,3% pada siklus II. Aktivitas guru dan peserta didik juga mengalami peningkatan signifikan, menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar matematika peserta didik.
Downloads
References
Pebruanti, L., & Munadi , S. (2015). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul di SMKN 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 365-376.
Permatasari, P. A., Dafik, & Fatahillah, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Schoology Berbantuan Software GeoGebra Materi Transformasi Geometri Kelas XI. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 66-75.
Ridwan & Akdon. (2007). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Setiawan D., Khodijah, & Mansyur A. (2020). Implementing Contextual Teaching and Learning (CTL) Model to Teach Fiqh. Jurnal of Research in Islamic Education.
Susilawati, M., Syunikitta, M., Silamat, E., Mas’ud, F., & Nggandung, Y. (2025). Collaboration of Indigenous Communities and Academics in Creating Digital-Based Technology. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 177–183. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2389
Wina Sanjaya (2005). Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Kencana Media Group.