EKOSISTEM DIGITAL DAN NARASI KEBANGSAAN: RELEVANSI PANCASILA SEBAGAI PENUNTUN ETIKA PUBLIK VIRTUAL

  • Fadil Mas'ud(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Anif Istianah(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pancasila, ; Narasi kebangsaan, Media sosial, Etika digital, Ekosistem digital

Abstract

Transformasi digital telah mengubah cara masyarakat berinteraksi, membentuk opini, dan menyuarakan identitas kebangsaan. Ruang digital tidak hanya menjadi saluran komunikasi, tetapi juga arena kontestasi narasi yang sarat dengan dinamika politik, budaya, dan ideologis. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat direlevansikan sebagai kerangka etika publik dalam ekosistem digital yang semakin kompleks. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan kajian literatur terkini, pembahasan difokuskan pada tiga aspek utama: dinamika narasi kebangsaan di ruang virtual, representasi dan reduksi nilai Pancasila di media sosial, serta fungsi Pancasila sebagai landasan etika bermedia digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa meskipun Pancasila masih sering diposisikan secara normatif dan seremonial, nilai-nilainya tetap relevan dalam merespons tantangan seperti disinformasi, ujaran kebencian, dan polarisasi identitas. Diperlukan reinterpretasi nilai secara kontekstual, penguatan literasi etika digital, serta kolaborasi lintas sektor untuk menjadikan Pancasila hidup sebagai pedoman moral warga negara di ruang publik virtual. Dengan demikian, Pancasila tidak hanya menjadi ideologi negara, tetapi juga fondasi etika bermedia dalam era masyarakat digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, A., Azizi, A. F. B., Sabrina, A. M., Salma, C. Z. P., Jannah, I. W., & Supriyono. (2025). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 73–77.

Hanik, H., & Azwar, W. (2025). The Pancasila-Based Character Education Model Within the Three Educational Centers: Challenges and Opportunities in the Digital Era. International Seminar on Student Research in Education, Science, and Technology, 25 April 2025, 235–241. https://journal.ummat.ac.id/index.php/issrectec/article/view/30443

Harsya, R. M. K., Nasir, B., Mas’ud, F., Serang, R. A., & Harsono, I. (2024). The Role of Financial Digitalization in Eradicating Corruption in Indonesia. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 6(2), 1731-1737. https://doi.org/10.47467/as.v6i2.6580

Jannah, M., & Kusno, K. (2020). Peranan Pendidikan Pancasila Bagi Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Dan Moral Berbangsa Dan Bernegara. Civitas, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1667

Kaelan. (2021). Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi. Paradigma.

Livingstone, S., & Helsper, E. J. (2022). Balancing opportunities and risks in teenagers’ use of the internet: The role of digital literacy. New Media & Society, 24(3), 602–618. https://doi.org/10.1177/14614448211050568

Mas' ud, F. (2019). Implikasi Undang-Undang Perlindungan Anak Terhadap Pekerja Anak (Suatu Kajian Sosiologi Hukum Terhadap Anak Penjual Koran Di Kota Kupang). JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 4(2), 11-19.

Mas' ud, F. (2024). Peran Perempuan di Sektor Publik: Kajian Hak Asasi Manusia terhadap Perempuan Pegawai SPBU di Kota Kupang. Media Sains, 24(2), 61-64.

Mas'ud, F., Kale, D. Y. A., Doko, M. M., Nassa, D. Y. (2025). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Tangguh Denara Jaya

Nugraha, A. B., Mas’ud, F., Sudiyarti, S., Qurtubi, A. N., & Fkun, E. (2023). Death Penalty for Ferdy Sambo In Human Rights Perspective. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(3), 1342-1346.

Prasetyo, H., & Widodo, S. (2022). Etika Informasi dan Pancasila dalam Era Digital. UB Press.

Purwaningsih, A., Riyanti, D., & Prasetyo, D. (2022). Digital Citizenship in Indonesia: Digital Literacy and Digital Politeness Using Social Media. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(3), 628–637. http://dx.doi.org/10.17977/um019v7i3p628-637

Que, B. I. A., & Najicha, F. U. (2024). Pancasila Sebagai Pilar Etika Di Dunia Digital: Membangun Panduan Perilaku Yang Bermartabat di Media Sosial. BORNEO Law Review, 8(1), 17–31. https://doi.org/10.35334/bolrev.v8i1.5579

Susilawati, M., Syunikitta, M., Silamat, E., Mas’ud, F., & Nggandung, Y. (2025). Collaboration of Indigenous Communities and Academics in Creating Digital-Based Technology. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 177–183. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2389

Yunas, N. S. (2024). The Existence of Pancasila Values and its Threats in the Digital Space of the Millenial Generation. Journal of Civics and Moral Studies, 9(1), 1–12.

PlumX Metrics

Published
2025-06-24