PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP PEMAHAMAN NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KUPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila pesera didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuntitatif dengan jenis penelitian dan desain penelitian Quasy Experiment Design atau yang biasa disebut dengan eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control design, penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek peneltian yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Data yang diperoleh berupa nilai pretest-posttest. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 29. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwasanya terdapat perbedaan pemahaman nilai-nilai Pancasila peserta didik yang menerapkan model pembelajaran VCT (kelas eksperimen) dengan pemahaman nilai-nilai Pancasila peserta didik yang tidak menerapkan model pembelajaran VCT (kelas kontrol). Pemahaman nilai-nilai Pancasila peserta didik dikelas eksperimen dengan model pembelajaran VCT kategori efektif sedangkan dikelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran VCT kategori tidak efektif.
Downloads
References
Anderson, L. Krathwohl, D. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Assesmen. : . Pustaka Belajar.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Asikin, Z., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Games Terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas IV Gugus 04 Kecamatan Praya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 711–716. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V6i4.305
Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pembelajaran Ppkn Dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 199. Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V3i2.25677
Cesilia Fransiska H Rajagukguk, Dian Novita Ayudea, & Encik Mutia Rama Ananda. (2024). Eksistensi Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 135–140. Https://Doi.Org/10.55606/Jubpi.V2i3.3070
Cholisin. (2010). Penerapan Civic Skills Dan Civic Disposition Dalam Mata Kuliah Prodi Ppkn. Diskusi Terbatas Jurusan Pkn Dan Hukum FIS.
El Madani, J., & Kurnia, H. (2023). Mata Pelajaran Ppkn Sebagai Dasar Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 339–346. Https://Doi.Org/10.37640/Jcv.V2i2.1512
Fina Nurhaliza, Irsyad Bagus Satria, Media Rahmah, Anna Sari Hasibuan, & Bambang Trisno. (2024). Dinamika Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Implementasinya. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 2(4), 147–156. Https://Doi.Org/10.61722/Jipm.V2i4.260
Lifa, M., Sulistyarini, S., & Dewantara, J. A. (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Techniqiue (VCT) Untuk Meningkatkan Nilai Moral Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 4(4), 955–968. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.480
Nurhikmah, A. R., Nugrahaningtyas, N., & Kom, A. P. S. (2021). Dinamika Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa.
Pemerintah Pusat. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia, Pemerintah Pusat.
Permatasari, D. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Tipe Percontohan Terhadap Prestasi Belajar Dan Tanggung Jawab Materi Globalisasi. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1). Https://Doi.Org/10.30595/Dinamika.V9i1.4037
Purba, G. E., Sembiring, N. M. B., Purba, R. O., Simanullang, T. L., & Batubara, A. (2024). Penguatan Civic Skill: Sebagai Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Untuk Mencegah Fomo Yang Menjadi Trend Baru Dalam Bermedia Sosial. Journal Of Educational Research And Humaniora (JERH), 1–8. Https://Doi.Org/10.51178/Jerh.V2i1.1815
Rahayu, A. H. S., & Suntoro, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Vct Untuk Menumbuhkan Kesadaran Ham Pada Pelajaran Ppkn1). Jurnal Studi Sosial, 3(3), 1–13.
Rumantara, A., Nisa, K., & Istiningsih, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarificasion Technique) Terhadap Hasil Belajar PKN SISWA Kelas IV SD Inpres Lewintana Tahun Ajaran 2020. Jurnal Pendidikan Dasar, 2.
Siswinarti, Pt. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar PKN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V2i1.18084
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). CV.Alfabeta.
Susilawati, M., Syunikitta, M., Silamat, E., Mas’ud, F., & Nggandung, Y. (2025). Collaboration of Indigenous Communities and Academics in Creating Digital-Based Technology. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 177–183. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2389
Suttrisno, S., Elmuna, F. N., & Fithriyah, D. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Berbasis Kearifan Lokal Bojonegoro Terhadap Literasi Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 629–634. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V7i1.3087
Taniredja, Efi Miftah, & Tukiran. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Alfabeta.
Widiatama, W., Mahmud, H., & Suparwi, S. (2020). Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Membangun Negara Hukum Indonesia. Jurnal Usm Law Review, 3(2), 310–327. https://doi.org/10.26623/julr.v3i2.2774