PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI SMP KRISTEN 3 SOE

  • Ariesta Ifoni Seo(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Juliana M. H Nenohai(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Yohanes Hariaman Nada(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Persamaan Linear Dua Variabel

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Kristen 3 Soe sehingga menyebabkan siswa kesulitan pada saat menyelesaikan soal-soal dalam kehidupan sehari-hari pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ikemampuan iberpikir ikritis isiswa ipada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII di iSMP iKristen 3 soe imelalui penerapan model pembelajaran iproblem ibased learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan hasil observasi guru dan siswa berturut-turut adalah 83% menjadi 91% dan 72% menjadi 94%. Sementara itu, persentase kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal pada tes awal 6,09% meningkat menjadi 69,75% kemudian menjadi 83,87%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Kristen 3 Soe meningkat melalui penerapan model pembelajaran problem based learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriningtyas, A.N.,Kistin, & F.,Anugraheni.(2018).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnng Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD.JKPM Volume 5 Nomor 1 April 2018.e ISSN:2549-8401

Cahyadi, F. Dkk.(2024).Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Group Investigation Pada materi Lingaran Sekolah Dasar.KONSTRUKTIVISME Vol.16.ISSN:1979-8438

Djawa, Y.L. dkk.(2022).Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Himpunan.Prima Magistra:Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 3, 116-122

Fanani, M.A.,Wafiroh, Z.,&Yaqin, M.H.(2023).Penerapan Model Problem Based Learning(PBL) Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika.Internastional Conference On Lesson Study Universitas Muhammadiyah Gresik

Hayati, Y.(2021).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan di Kelas VII F MTs Negeri Jepon.Educatif:Journal Of Education Research 3(4), 2021,88-95

Herliati.(2022).Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning(PBL) di SDN 001 Kempas Jaya.Jurnal PAJAR(Pendidikan dan Pengajaran).Volume 6.ISSN:2580-8435

Ismail, R., Retnawati, H., & Imawan, O.R. (2021).Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Untuk Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Siswa smp.Jawa Tengah:CV.Pena Persada

Juniarty, N. L. Kadek., Nenohai, J. M. H., & Nada, Y. M. (2024). Penerapan Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada materi Persamaan Garis Lurus. Haumeni Jurnal of Education. 4(2). 1-9.

Jupri, A., Cahyani, I., & Ariawan, V.A.N. (2016).Pengembangan Kemampuan Berpikir kritis,Kreativitas,Komunikasi Dan Kolaborasi Dalam Pembelajaran Abad 21:Inovasi Pembelajaran Abad 21.Bandung:UPI

Karim,Normaya.(2015).Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama.EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 1, hlm 92-104.

Lello, M. L. A., Nenohai, J. M. H., & Nubatonis, O. E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Reformasi Plus Noelbaki. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2). 1-7.

Nada, Y. H. (2023). Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Berpikir Aljabar Ditinjau Dari Jenjang Sekolah. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1). 12-25.

Nadek, O. M. & Nenohai, J. M. H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Materi Transformasi Pada Siswa Kelas IX Menggunakan Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1). 73-83

Ncaung, H.A.P.(2022).Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 7 Kota Kupang Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.(Skripsi).Program Studi Pendidikan Matematika,Universitas Nusa Cendana,Kupang.

Pratiwi, T.B, Hakim, A. & Zulkarnaen (2020).Problem Based Learning Dan Keterampilan Berpikir Kritis.Vidya Karya 35 (1) 2020 36-44.

Putri, D.N.(2017).Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh.Fakultas Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Islam Negeri AR-RANIRY,Banda Aceh.

Rahmadani. i(2019).Metode iPenerapan iModel iPembelajaran iProblem iBased iLearning(PBL).Lantanida iJournal.Vol.7.No.1(2019)1-100.

Rahmawati, I.(2022).Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Materi Bentuk Pecahan.Journal Of Education Research,3(2),2022, 62-70

Setyorini, iU. idkk.(2010).Penerapan iModel iProblem iBased iLearning iUntuk iMeningkatkan iKemampuan iberpikir ikritis iSiswa iSMP.Jurnal iPendidikan iFisika iIndonesia i7 i(2011)52-56.

Simanjuntak, M.F., & Sudibjo, N.(2019).Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah siswa melalui pembelajaran berbasis masalah.JOHME:Journal Of Houlistik Mathematics Education.

Sofyan, iH. idkk.(2017).Problem iBased iLearning iDalam iKurikulum i2013.Yogyakarta:UNY iPress.

Susilawati, M., Syunikitta, M., Silamat, E., Mas’ud, F., & Nggandung, Y. (2025). Collaboration of Indigenous Communities and Academics in Creating Digital-Based Technology. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 177–183. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2389

Syamsidah i& iSuryani, iH.(2018).Buku iModel iProblem iBased iLearning(PBL) iMata iKuliah iPengetahuan iBahan iMakanan. iYogyakarta:Deepublish.

Umma, M. dkk.(2020).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020.JPIn:Jurnal Pendidik Indonesia.

Zakiah, iL i& iLestari, iI. i(2019) iBerpikir iKritis iDalam iKonteks iPembelajaran.Bogor:Erzatama iKarya iAbadi.

PlumX Metrics

Published
2025-06-30