HABITUASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBENTUK SIKAP POSITIF SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KOTA KUPANG

  • Melinda Ratu Radja(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Profil Pelajar Pancasila, habituasi, sikap positif, eksperimen semu, pendidikan karakter

Abstract

Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap sikap positif peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kota Kupang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design) tipe non-equivalent control group design. Sampel terdiri dari 96 siswa yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi tes (pre-test dan post-test), angket, dan observasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, t-test, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Nilai rata-rata post-test siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Uji regresi menunjukkan bahwa habituasi P5 memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap sikap positif siswa dengan kontribusi sebesar 97,8%. Selain itu, respon siswa terhadap pelaksanaan P5 sangat positif, dengan rata-rata persetujuan 85,35% pada seluruh dimensi karakter. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa habituasi proyek P5 efektif dalam membentuk sikap positif peserta didik secara kontekstual dan berkelanjutan. Oleh karena itu, penerapan P5 disarankan menjadi bagian integral dalam proses pembelajaran karakter di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W. (2013). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (Fourth Indian edition). PHI Learning Private Limited.

Depdikbud. (2020). Pembiasaan nilai-nilai karakter dalam pendidikan. Depdikbud. https://repositori.kemdikbud.go.id/10075/1/Konsep_dan_Pedoman_PPK.pdf

Fajriansyah, I., Syafi’i, I., & Wulandari, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Sikap Mandiri Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1570–1575. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1612

Ly, P., & Bria, G. (2024). Habituasi Profil Pelajar Pancasila dalam Proses Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 4 Kupang. Jurnal Kolaborasi, 5(5), 39–48.

Panduan pengembangan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). (2022). [Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi]. https://repositori.kemdikbud.go.id/24964/

Pratama, D. A., Ginanjar, D., & Solehah, L. S. (2023). Penerapan Nilai—Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari—Hari Sebagai Pendidikan Karakter Di Mts. Darul Ahkam Sukabumi. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 78–86. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.114

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D) (Cet. 6). Alfabeta.

Susilawati, M., Syunikitta, M., Silamat, E., Mas’ud, F., & Nggandung, Y. (2025). Collaboration of Indigenous Communities and Academics in Creating Digital-Based Technology. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 177–183. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2389

Susilawati, M., Mas’ud, F., Sarifah, L., Rais, R., & Kumagaya, J. P. (2025). Counseling on the Use of Meta Ai in Improving Digital Literacy in Rural Communities in Indonesia: Pengabdian. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4), 2170-2176.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2023). https://peraturan.bpk.go.id

Widiatama, W., Mahmud, H., & Suparwi, S. (2020). IDEOLOGI PANCASILA SEBAGAI DASAR MEMBANGUN NEGARA HUKUM INDONESIA. JURNAL USM LAW REVIEW, 3(2), 310–327. https://doi.org/10.26623/julr.v3i2.2774

Zahrah, M. I., & Inayati, N. L. (2024). Pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Pembelajaran PAI terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di SMP Negeri 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2023/2024 [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/

PlumX Metrics

Published
2025-07-02