Survei Motivasi Belajar Mahasiswa Penjaskesrek Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pada Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Proses belajar mengajar yang efektif yaitu pertemuan antara pendidik dan peserta didik secara langsung dalam suatu ruang pembelajaran. Pada awal tahun 2020 dunia sedang waspada dengan sebuah virus yang disebut corona virus atau covid-19. Pandemi covid-19 telah merubah tatanan kehidupan dari segi sosial, ekonomi dan tidak luput juga dunia pendidikan. Sehingga proses belajar mengajar diperguruan tinggi beralih dari offline menjadi online. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar mahasiswa Penjaskesrek Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada perkuliahan daring selama pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan keseluruhan indikator menunjukan bahwa motivasi belajar mahasiswa Penjaskesrek Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada perkuliahan daring selama pandemi covid-19 berada pada kategori rendah, hal ini didapatkan dari skor persentase yang berjumlah 81%. Hasil penelitian ini diharapkan para mahasiswa terus meningkatkan motivasi belajar pada perkuliahan daring selama pandemi covid-19. Penelitian ini juga diharapkan para pendidik selalu kreatif dalam menciptakan situasi belajar dan selalu memotivasikan para mahasiswa untuk tetap selalu semangat mengikuti perkuliahan daring.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. (2009). Reliabilitas dan Validitas . Pustaka belajar: Yogyakarta.
Babang, Veramyta Maria Martha Flora. (2019). Semangat belajar di tengah pandemi Covid-19. Akademia Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatimah, Dewi. (2021) Analisis Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19). FKIP Universitas Jambi.
Haryu, Islamudin. (2012). Psikologi pendidikan. Yogyakarta. Pustaka pelajar
Loysiana, Arini. (2016). Tingkat motivasi belajar siswa. FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Siregar, Syofian. (2014). Metode penelitian kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Kencana: Jakarta.
Shofiah, Ulfah Hamidatus. (2020). Penerapan metode pembelajaran daring dalam mata pelajaran bahasa indonesia di MI Miftahul Huda. FTIK Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang memepengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana. (2002). Metode statistik. Bandung : PT Tarsito
Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatin, Siti. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: FKIP.UMM.
Uno, Hamzah .B. (2016). Teori motivasi & pengukurannya analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yarangga, Fero Siske. (2016). Hubungan Motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas III Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyah Semarang. FKIP UNS.