Analisis Kepuasan Mahasiswa FKIP Undana pada Perkuliahan Secara Online dan Faktor yang Mempengaruhinya
Abstract
Kepuasan mahasiswa terhadap perkuliahan online dipengaruhi banyak faktor. Salah satu faktor yang cukup dominan adalah pelayanan dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kepuasan mahasiswa terhadap perkuliahan yang dilakukan oleh dosen yang meliputi dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Penelitian ini adalah survei yang dilakukan dengan menyebarkan kusioner pada mahasiswa. Responden adalah mahasiswa FKIP Undana berjumlah 2,571 dari 9,714 mahasiswa aktif. Analisis data dilakukan dengan analis regresi untuk melihat pengaruh semua variabel bebas terhadap variabel kepuasan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa dipengaruhi indikator pelayanan dosen dalam dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Semua indikantor (variabel) baik secara sendiri-sendiri maupun secara simultan mempengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap perkuliahan online.
Downloads
References
Arambewela, R. and J. Hall. (2009). An empirical model of international student satisfaction. Asian Pacific Journal of Marketing and Logistics, 21(4), 555‒569.
Djudin, T. (2018). The effect of teaching method and lecture program on students’ satisfaction rates and academic achievement. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(1), 121-128.
Encabo, H. C. (2011). Canonical correlation analysis of student perception on instructional quality and satisfaction. JPAIR Multidisciplinary Journal, 6, 1‒16.
Gray, J.A. and DiLoreto, M. (2016). The effects of student engagement, student satisfaction, and perceived learning in online learning environments. NCPEA International Journal of Educational Leadership Preparation, 11(1), 1-20.
Idris, R. dan Djafar, H. (2019). Analisis kepuasan mahasiswa ditinjau dari kinerja dosen dan fasilitas pembelajaran. Studi kasus pada mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Jurnal Idaarah, 3(2), 301-312.
Kamaludin dan Juhara, S. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Fakultas Teknik Terhadap Kinerja Pembelajaran Online. Proceeding Seminar Nasional Efisiensi Energi untuk Peningkatan Daya Saing Industri Manufaktur & Otomotif Nasional 2020: SNEEMO, 24-27. Jakarta.
Muhsin, S., A. Nurkhin, H. Pramusinto, N. Afsari and A. F. Arham. 2020. The relationship of good university governance and student satisfaction. International Journal of Higher Education 9(1).
Nengrum, T.A., Solong, N.P., & Iman, M.N. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1-12.
Osman, A. R. and R. S. Saputra. (2019). A pragmatic model of student satisfaction: A viewpoint of private higher education. Quality Assurance in Education, 27(2), 142‒165.
Richardson, J. C., & Swan, K. (2003). Examining social presence in online courses in relation to students’ perceive learning and satisfaction. Journal of Asynchronous Learning Networks, 7(1), 68-88.
Sukanti. 2009. Analisis kepuasan mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FISE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(1), 23 – 34.
Sukmanasa, E., Novita, L., Sundari, F.S. (2017). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan. PEDAGONAL, 1(2).
Sulastri, T. (2016). Analisis kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan “Optimal”, 10(2), 167-184.
Wandra, A. (2020). Kekurangan dan Kelebihan Kuliah Online. (Online). Tersedia di: https://osc.medcom.id/community/kekurangan-dan-kelebihan-kuliah-online-988. Diakses Tanggal 19 Juni 2021.
Yassin, A.B. (2020). Kelebihan dan kekurangan kuliah daring. (Online). Tersedia di: https://pustaka.unand.ac.id/component/k2/item/231-kuliah-online-daring. Diakses Tanggal 19 Juni 2021.