Pengalaman Mengikuti Pertukaran Mahasiswa Lintas Prodi di Lingkungan Universitas Nusa Cendana

  • Adit Nabuasa(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Irna Karlina Sensiana Blegur(2)
    Pendidikan Matematika Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Exchange, across study programs

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman belajar mahasiswa setelah mengikuti pertukaran mahasiswa lintas prodi di lingkungan Universitas Nusa Cendana. Selain itu, penelitian ini juga ditujukan sebagai evaluasi pelaksanaan kebijakan MBKM pertukaran mahasiswa lintas prodi di lingkungan Universitas Nusa Cendana tahun 2022. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data in-depth interview (wawancara mendalam). Wawancara mendalam dilakukan terhadap 9 orang mahasiswa semester 6 yang mengikuti program pertukaran mahasiswa lintas prodi. Hasil wawancara yang telah terkumpul kemudian dianalisis untuk memperoleh informasi terkait pengalaman belajar dalam kebijakan MBKM pertukaran mahasiswa lintas prodi. Adapun hasil yang ditemukan adalah sebagai berikut: 1) Dari segi konten materi, mahasiswa mendapat banyak ilmu setelah mengikuti program pertukaran mahasiswa. Ilmu yang dterima pun bervariasi tergantung jenis matakuliah yang diambil. 2) Dari segi lingkungan belajar ditemukan bahwa masih terdapat metode pembelajaran yang monoton dan tidak variatif serta kolaborasi yang minim antar sesama mahasiswa dan dosen menyebabkan hilangnya minat untuk belajar. 3) Dari segi ketersediaan fasilitas belajar yang memadai ditemukan ketidakmerataan penyediaan fasilitas mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Blegur, I. K. S. (2020). Studi Fenomenologi: Problematika Mahasiswa Asing Belajar Statistika di Perguruan Tinggi. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(1), 56-67.
Istijanto, I. (2020, August). Kampus Merdeka: Peluang dan Tantangannya. In Forum Manajemen (Vol. 34, No. 1, pp. 12-16).
Mariati, M. (2021, August). Tantangan pengembangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka di perguruan tinggi. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 749-761).
Oksari, A. A., Susanty, D., Wardhani, G. A. P. K., & Nurhayati, L. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), 78-85.
Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka FISIP UPN Veteran Jawa Timur. Ilmu Administrasi Negara, 11(2), 276–292.
Sahertian, P., Huda, C., Leondro, H., Kusumawati, E. D., Kurniawati, M., Hakim, A. R., ... & Susanti, R. H. (2022). Evaluasi Dampak Implementasi MBKM Terhadap Proses Belajar Mengajar di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 86-94.
Yonethae, Y. (2018). Pengaruh Pembekalan Teori, Fasilitas Belajar Dan Praktek Kerja Industri Terhadap Keterampilan Siswa Smk Karya Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau. KINDAI, 14(1).

PlumX Metrics

Published
2022-12-18