Pengaruh penambahan batang pisang (Musapardisiaca formatpyca) yang difermentasi dengan probiotik pada pakan komersial terhadap pertumbuhan ikan bandeng (Chanos chanos)

  • Arnoldus Nahak Seran(1)
    Fakultas Kelautan dan Perikanan Undana
  • Felix Rebhung(2*)
    Fakultas Kelautan dan Perikanan Undana
  • Agnette Tjendanawangi(3)
    Fakultas Kelautan dan Perikanan Undana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan dengan dosis hasil fermentasi yang berbeda yaitu dosis 5%, dosis 10%, dosis 15% dan pakan komersil tanpa penambahan hasil fermentasi. Parameter yang diamati adalah pertumbuhan mutlak, pertumbuhan spesifik harian, kelangsungan hidup dan kualitas air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pertambahan bobot biomassa benih ikan bandeng tertinggi diperoleh pada perlakuan pemberian dosis probiotik 15 % pakan yaitu rerata pertambahan biomassa 13.47 gram. Pertumbuhan spesifik harian  yang menunjukan pertumbuhan bobot tertinggi diperoleh pada perlakuan pemberian dosis 15% pakan yaitu rerata pertambahan biomasa 1.29 gram. Tingkat kelangsungan hidup benih ikan bandeng yang diberi probiotik dengan dosis yang berbeda menghasilkan kelulushidupan 100%. Kisaran kualitas air selama penelitian masih layak untuk menunjang pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan bandeng, yaitu suhu bekisar 30-32°C, pH air bekisar antara 7.2- 8.3,dan salinitas bekisar 28-29 ppt. Dari  penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penambahan probiotik pada batang pisang dapat meningkatkan pertumbuhan dan kelulushanhidupan ikan bandeng.

 

Kata kunci: Ikan bandeng, Kualitas Air, Pakan Komersil, Pertumbuhan, Probiotik.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-10-26
How to Cite
Seran, A., Rebhung, F., & Tjendanawangi, A. (2020). Pengaruh penambahan batang pisang (Musapardisiaca formatpyca) yang difermentasi dengan probiotik pada pakan komersial terhadap pertumbuhan ikan bandeng (Chanos chanos). Jurnal Aquatik, 3(1), 85 - 93. https://doi.org/10.35508/aquatik.v3i1.2918