PENGUNAAN TEPUNG WORTEL, Daucus carota DALAM PAKAN KOMERSIAL UNTUK MENINGKATKAN KECERAHAN WARNA DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN BADUT (Amphiprion percula)

  • Yecika Agustina Bani(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Ridwan Tobuku(2*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung wortel dalam pakan buatan dan dosis yang tepat untuk meningkatkan kecerahan warna dan kelangsungan hidup ikan badut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Terdiri dari perlakuan kontrol (tanpa penambahan tepung wortel) Perlakuan A (pakan komersial + 5% tepung wortel), Perlakuan B (pakan komersial + 10% tepung wortel) dan Perlakuan C (pakan komersial + 15% tepung wortel). Paratemer yang diamati dalam penelitian ini berupa kualitas warna, berat mutlak dan kelulushidupan ikan badut. Data yang diperoleh selama penelitian berupa berat mutlak dan kelulushidupan dianalisis menggunakan ANOVA sedangkan untuk kecerahan warna hanya dihitung nilai rata - rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan tepung wortel dengan dosis yang berbeda dalam pakan dapat meningkatkan kecerahan warna ikan badut. Peningkatan tertinggi selama 50 hari perlakuan terdapat pada perlakuan C dengan penambahan 15% tepung wortel dalam pakan komersial yang menghasilkan kualitas warna 8,7%, berat mutlak 4,0 gram dan kelulushidupan 93%. ANOVA berat mutlak menunjukan adanya perbedaan nyata antar perlakuan sedangkan ANOVA kelulushidupan ikan badut menunjukan tidak ada perbedaan nyata antar perlakuan.  

 

Kata kunci : Ikan badut, tepung wortel, kecerahan warna, kelangsungan hidup

 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-03-05
How to Cite
Bani, Y., & Tobuku, R. (2022). PENGUNAAN TEPUNG WORTEL, Daucus carota DALAM PAKAN KOMERSIAL UNTUK MENINGKATKAN KECERAHAN WARNA DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN BADUT (Amphiprion percula). Jurnal Aquatik, 5(1), 83-88. https://doi.org/10.35508/aquatik.v5i1.6668
Section
Articles