Pengaruh pemberian tepung biji pepaya(Carica papaya L.) dalam pakan terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan bandeng(Chanos chanos)

  • Yuliana Bria(1*)
    Fakultas Peternakan Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana, Kupang
  • Felix Rebhung(2)
    Fakultas Peternakan Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana, Kupang
  • Ridwan Tobuku(3)
    Fakultas Peternakan Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana, Kupang
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian telah dilaksanakan di Desa Suai, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka selama 2 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tepung biji pepaya terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan bandeng (Chanos chanos). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan yaitu, tepung biji pepaya  10%, 15%, 20% dan 25% pada pakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penggunaan tepung biji pepaya 25% meningkatkan pertumbuhan berat mutlak sebesar 32,61 gram, laju pertumbuhan spesifik harian sebesar 3,65%, dan persentase kelulushidupan sebesar 100,00%. ANOVA menunjukkan bahwa pemberian tepung biji pepaya muda berpengaruh nyata (P<0,05) pada pertumbuhan berat mutlak, laju pertumbuhan spesifik harian, dan persentase kelulushidupan ikan bandeng.

 

Kata kunci: Ikan bandeng, pakan komersial, tepung biji pepaya

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-10-12
How to Cite
Bria, Y., Rebhung, F., & Tobuku, R. (2022). Pengaruh pemberian tepung biji pepaya(Carica papaya L.) dalam pakan terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan bandeng(Chanos chanos). Jurnal Aquatik, 5(2), 196-204. https://doi.org/10.35508/aquatik.v5i2.8477
Section
Articles