PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK UNTUK TEKNOLOGI AKUAPONIK PADA KUB Sta. MARIA IMAKULATA KELURAHAN LASIANA

  • Wilhelmus Bunganaen(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Ruslan Ramang(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Dantje Sina(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Andi Kumalawati(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • Partogi H. Simatupang(5)
    Universitas Nusa Cendana
  • Rosmiyati A. Bella(6)
    Universitas Nusa Cendana
  • Elsy E. Hangge(7)
    Universitas Nusa Cendana
  • Denik Sri Krisnayanti(8)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: teknologi akuaponik, limbah plastik, kolam ikan, tanaman sayur.

Abstract

Kupang merupakan ibu kota Propinsi Nusa Tenggara Timur, yang memiliki kondisi iklim kering, karena musim hujan berlangsung hanya kurang lebih empat bulan dan delapan bulan musim kemarau. Ketersediaan air yang tidak cukup, menyebabkan pengolahan tanah dan tanaman sayur untuk skala rumah tangga terbatas. Begitupula untuk pemeliharaan ikan (kolam ikan) skala rumah tangga mengalami kesulitan. Oleh karena itu, adanya inovasi untuk pemenuhan kebutuhan, dengan cara pembudidayaan sayur mayur (hidroponik) dan ikan air tawar (akuakultur) melalui pembuatan akuaponik. Budidaya sayuran dan ikan air tawar melalui teknologi akuaponik dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya pemanfaatan limbah plastik. metode yang digunakan dalam pengabdian yakni Metode Diskusi atau Metode Ceramah, Metode Demonstrasi dan Metode Pendampingan. Adapun sasaran dari kegiatan pengabdian ini adalah warga KUB Sta. Maria Imakulata, yang terletak di RT. 026, RT. 029, RT. 31 dan RT. 32, Bimoku Kelurahan Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur. Hasil dari pelatihan dan demonstrasi yang dilakukan oleh Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM), dalam mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi mencapai keberhasilan 100%. Hasil yang dicapai : meningkatnya pemahaman Kelompok Umat Basis Sta. Maria Imakulata akan materi yang diberikan, melalui demonstrasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-12-22
How to Cite
Bunganaen, W., Ramang, R., Sina, D., Kumalawati, A., Simatupang, P., Bella, R., Hangge, E., & Krisnayanti, D. (2023). PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK UNTUK TEKNOLOGI AKUAPONIK PADA KUB Sta. MARIA IMAKULATA KELURAHAN LASIANA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 17(2), 59-64. https://doi.org/10.35508/jpkmlppm.v17i2.13389

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.