PENINGKATAN KOMPETENSI PARA GURU SDI PERMUNAS 2 KUPANG MELALUI DIKLAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SERTA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN SAINS BERBASIS K-13
Abstract
Pelaksanaan kurikulum 2013 membutuhkan kompetensi dan kerja keras guru yang berkualitas sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Sinergisitas antara guru dan siswa harus terbangun dalam atmosfir akademik yang kondusif dan menyenangkan. Guru merupakan perancang skenario pembelajaran dan sekaligus sebagai sutradara pembelajaran di kelas. Berbagai model, pendekatan, metode, dan media pembelajaran yang diterapkan di kelas sangat tergantung dari pertimbangan dan keputusan guru. Demikian juga para guru dii SDI Permunas 2 Kupang yang menyelenggarakan pendidikan berkualitas, berkarakter dan pelayanan terbaik. Namun disisi lain bahwa pemahaman para guru tentang K-2013 khususnya pengembangan pembelajaran matematika dan sains perlu tingkatkan sehingga tercapai kualitas pembelajaran. Pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang merupakan salah satu ciri implementasi K-13 juga harus dimiliki para guru menunjang kompetensinya dalam proses pembelajaran. Melalui Program Kemitraan Masyarakat para dosen dapat melakukan transfer pengetahuan (knowledge transfer) kepada masyarakat berdasarkan kemampuan dan skill masing-masing. Peningkatan keterampilan para guru dalam pengembangan media pembelajaran matematika dan sains serta keterampilan TIK demi menunjang proses pembelajaran yang berkualitas dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan yang terus menerus. Penyediaan sarana internet sangat mendukung proses pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para guru sangat membutuhkan transfer pengetahuan untuk meningkatkan kompetensinya sehingga berdampak pada proses pembelajaran demi output lulusan yang lebih berkualitas. Para guru membutuhkan sentuhan Perguruan Tinggi dalam memperbarui basis pengetahuannya baik materi matematika dan sains maupun teknologi informasi.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Matematika, Sains, TIK, Guru-Guru
ABSTRACT
The implementation of the 2013 curriculum requires the competence and hard work of qualified teachers according to the learning objectives achieved. The synergy between teacher and student must be built in a conducive and pleasant academic atmosphere. The teacher is designing learning scenarios and directing learning in the classroom. Various models, learning, methods, and learning media that are applied in the classroom are very dependent on the teacher's judgment and decision. Likewise, the teachers at SDI Permunas 2 Kupang held quality education, character and the best service. On the other hand, the teachers have to understanding about K-2013 especially mathematics and science learning needs to be improved so as to achieve good quality learning. Information and Communication Technology (ICT) which is one of the characteristics of K-13 implementation must also be possessed by teachers who support competence in the learning process. Teachers can do the transfer of knowledge to the community based on their abilities and skills through the Community Partnership Program. The improvement of teacher skills in the development of mathematics and Sciences learning media and ICT skills in order to support a quality learning process is carried out through continuous education and training. The provision of internet facilities greatly supports the learning process related to information and communication technology. The results of the training show that teachers really need a transfer of knowledge to improve their competency in improving the learning process for higher quality output. The teachers need a touch of tertiary education in their basic knowledge of both mathematics and science material as well as information technology.