PKM Pembuatan Trichokompos di Kelompok Tani Sion Dusun Upan Desa Oelbubuk, Kecamatan Mollo Tengah

  • Agnes V. Simamora(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: hortikultura, pupuk organik, trichokompos

Abstract

Kelompok Tani Sion terletak di Desa Oelbubuk Kecamatan Mollo Tengah.  Tanaman yang dibudidayakan adalah jeruk, cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, kubis, sawi, dan petsai. Kelompok Tani ini mempunyai 20 anggota aktif dan diketuai oleh Ibu Demsi Talak.   

Berdasarkan survei yang dilakukan pada awal Maret 2022, diketahui bahwa tanaman petani umumnya tanpa pemupukan dan perawatan maksimal. Kalaupun ada pemupukan, biasanya menggunakan pupuk kimia. Para petani/anggota kelompok tani juga belum memahami manfaat trichokompos/pupuk organik bagi tanaman, lingkungan, dan kesehatan manusia.

Untuk menjawab permasalahan mitra maka solusi yang akan dilakukan dalam program PKM ini adalah memberikan pencerahan kepada kelompok sasaran tentang teknik budidaya sayuran dan pembuatan pupuk organik trichokompos.

Solusi tersebut dapat dijawab dengan dua pendekatan yaitu 1) penyuluhan dan demplot penanaman sayuran, 2) pembuatan pupuk organik trichokompos. Tim pelaksana melakukan pendampingan sampai kelompok mitra dapat mencapai tujuan pelaksanaan program. Evaluasi dilakukan secara bersama- sama untuk memperbaiki teknologi yang mengalami hambatan.

Hasil kegiatan, diskusi, dan evaluasi menunjukkan sebanyak 82% kelompok sasaran memahami manfaat negatif dari input bahan kimia (pupuk dan pestisida) pada tanaman. Selanjutnya, sebanyak 75% angota kelompok berkomitmen untuk membuat dan mengaplikasikan trichokompos pada tanaman mereka. Harapan kelompok masyarakat sasaran adalah dapat mengkomersilkan trichokompos yang dihasilkannya ke masyarakat di sekitarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-12-21
How to Cite
Simamora, A. (2022). PKM Pembuatan Trichokompos di Kelompok Tani Sion Dusun Upan Desa Oelbubuk, Kecamatan Mollo Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 16(2), 45-53. https://doi.org/10.35508/jpkmlppm.v16i2.9541

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.