PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, KARAKTERISTIK ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) UP3 KUPANG

Main Article Content

Yosefina Familia Pidang
Ni Putu Nursiani
Marianus S Neno
Tarsisius Timuneno

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan mengetahui hubungan Karakteristik Individu, Karakteristik Organisasional dan Lingkungan Kerja terhadap Prestasi kerja Karyawan Pada PT. PLN (PERSERO) UP3 Kupang baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penlitian ini ialah jenis penelitan asosiatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin diperoleh 40 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis inferensial yang menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25.Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F dimana sebelum menggunakan uji ini dilakukan uji asumsi klasik. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Karakteristik Individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. PLN UP3 Kupang, variabel Karakteristik Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. PLN UP3 Kupang dan Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawa pada PT. PLN UP3 Kupang. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel Karakteristik Individu, Karakteistik Organisasi dan Lingkungan Kerja berpengaruh secara secara simultan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT PLN UP3 Kupang.


Kata Kunci : Karakteristik Individu, Karakteristik Oranisasi, Lingkungan Kerja dan Prestasi Kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pidang, Y., Nursiani, N., Neno, M., & Timuneno, T. (2023). PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, KARAKTERISTIK ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) UP3 KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 53-60. https://doi.org/10.35508/glory.v4i1.10207
Section
Articles

References

A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya. Bandung.
A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Rosda.
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Anoraga. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Yogyakarta: YKPN.
Hajati & Wahyuni. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan Dan Karakteristik Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Politeknik Kotabaru). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, Vol. 7 No. 1 (Edisi Januari- juni).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 23 Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo. (2013). Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan, Malayu S.P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Buku Beta, Jakarta
Bisnis dan Manajemen Edisi Khusus on Human Resources.
Panggabean, Mutiara. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.
Prefer dan Salancik. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.
Subyantoro, A. (2009). Karakteristik Individu, Karakteristik Pelayanan, Karakteristik Organisasi Dan Kepuasan Kerja Yang Dimediasi Oleh Motivasi Kerja (Studi Pada Pengurus KUD diKabupaten Sleman Yogyakarta). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol 11, No. 1 (Maret), Hal. 11-19.
Sugiyono, 2011. Metode penelitian Kuantitatid Kualitatif dan R & B, Bandung: Alfabeta
Sugiyono (2018). Metode penelitian Bisnis. Jakarta: Penerbit Alfabeta.
Sugito, P. & Nurjannah, S. 2004. Analisis Pengaruh Karakteristik Individu, Pekerjaan Dan Organisasi Pada Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang. Jurnal Penelitian Science, Vol. 16, No. 01.
Sutardji & Anggraini (2019). “Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada DPMPTSP Kabupaten Indragiri Hilir”. Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik,Vol. 2, No. 3.
Sutrisno, Edy. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Taiwo, A.S. 2010. Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Bagian Produksi pada PT. Trio Corporate. “jurnal Agora Vol. 5”