PENGARUH PENGGUNAAN QRIS (QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA ALFAMART DI KOTA KUPANG)
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi keuangan digital di Indonesia mendorong transformasi sistem pembayaran non-tunai yang lebih praktis, cepat, dan aman. Salah satu inovasi penting adalah Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang diluncurkan oleh Bank Indonesia untuk menyatukan berbagai metode pembayaran digital dalam satu kode QR. Kota Kupang sebagai pusat perekonomian di Nusa Tenggara Timur menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam adopsi QRIS, termasuk pada sektor ritel modern seperti Alfamart. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan QRIS terhadap kepuasan pelanggan pada Alfamart di Kota Kupang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada 150 responden yang pernah bertransaksi menggunakan QRIS di Alfamart dan berusia minimal 17 tahun. Variabel independen dalam penelitian ini adalah penggunaan QRIS dengan indikator kemudahan penggunaan, kecepatan transaksi, keamanan, dan kualitas layanan, sedangkan variabel dependen adalah kepuasan pelanggan yang diukur melalui kesesuaian harapan, pengalaman transaksi, minat penggunaan kembali, dan rekomendasi kepada orang lain. Data dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics versi 28 melalui uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QRIS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil wawancara juga menegaskan bahwa kemudahan dan kecepatan transaksi pada QRIS menjadi faktor utama konsumen menggunakan QRIS di Alfamart. Hal ini menegaskan bahwa QRIS tidak hanya mempermudah transaksi, tetapi juga meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan melalui layanan yang lebih cepat, aman, dan efisien. Temuan ini diharapkan memberikan kontribusi teoritis pada kajian manajemen pemasaran serta manfaat praktis bagi Alfamart dalam meningkatkan kualitas layanan digital.
Kata Kunci : Pengggunaan QRIS, Kepuasan Pelanggan, Alfamart
Downloads
Article Details
References
Adji, Y. B., Muhammad, W. A., Akrabi, A. N. L., & Noerlina, N. (2023). Perkembangan Inovasi Fintech di Indonesia. Business Economic, Communication, and Social Sciences Journal (BECOSS), 5(1), 47–58. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v5i1.8675
Alfamart. (2024). Alfamart. PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. https://www.alfamart.co.id/tentang-perusahaan/sejarah
Bank Indonesia. (2025). Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 3 Tahun 2025. 1–23. Bank Indonesia. (2024a). BI NTT Catat Transaksi QRIS Januari 2024 Naik 141 Persen. Antara News NTT. https://kupang.antaranews.com/berita/127524/bi-ntt-catat-transaksi-qris- januari-2024-naik-141-persen#:~:text=Sementara%2C jumlah pengguna QRIS di,year on year (yoy)
Bank Indonesia. (2024b). Pengguna QRIS Naik Jadi 54 Juta per Oktober 2024. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20241120174948-78- 1168824/pengguna-qris-naik-jadi-54-juta-per-oktober-2024
Benny Jahang. (2020). Enam Alfamart di Kupang ditutup pemerintah karena tidak berizin. Antara News NTT. https://kupang.antaranews.com/berita/27660/enam-alfamart-di- kupang-ditutup-pemerintah-karena-tidak-berizin
Burhan, F. A. (2024). Kondisi Terbaru Total Jumlah Gerai Alfamart (AMRT) saat Ratusan Tutup. Bisnis.Com. https://market.bisnis.com/read/20241216/192/1824569/kondisi- terbaru-total-jumlah-gerai-alfamart-amrt-saat-ratusan-tutup
Dyah Sekarsari, K. A., Sulistyaningrum I, C. D., & Subarno, A. (2022). Optimalisasi Penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (Qris) Pada Merchant Di Wilayah Surakarta. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 5(2), 42. https://doi.org/10.20961/jikap.v5i2.51487
Farhan, A., & Shifa, A. W. (2023). Penggunaan Metode Pembayaran QRIS Pada Setiap UMKM di Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1198–1206.
Fauzi, H. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa Universitas Majalengka Pelanggan E-Commerce Shopee). Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 4(2), 156–167. https://doi.org/10.31949/maro.v4i2.1801
Hasibuan, R. M., Harahap, F., & Lubis, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan di Cafe Vanilla Panyabungan. Jurnal Misi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS), 4(3), 175–182.
IDXChannel. https://www.idxchannel.com/milenomic/apakah-alfamart-bisa-bayar-pakai- qris-simak-penjelasannya?utm_source=chatgpt.com
Indriani, A., Syamsul, E. M., & Lestari, A. G. (2023). Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Penjualan dan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Alfamart Talaga Wetan). Pelanggan, D A N Kepuasan Kasus, Studi Talaga, Alfamart, 5(3), 1482–1492. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i1.2233
Muhajirin, Risnita, & Asrulla. (2024). Pendekatan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Tahapan Penelitian. Journal Genta Mulia, 15(1), 82–92.
Nahak;, M. N. (2022). Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kuliner di Kecamatan Oebobo Kota Kupang. 1–137. http://skripsi.undana.ac.id/?p=show_detail&id=10830
Pangesti, F. M., Nadhiroh, A. F., Ghuri, E., Tanjung, D. S., & Ayu, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Financial Technology QRIS ( Quick Response Code Indonesian Standard ) Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Sekitar Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2(1), 23–28.
Rahadi, J., Agrecia, A., Valecia, V. G., & Nofirda, F. A. (2023). Pengaruh Penggunaan QRIS terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31088–31093.
Rupa, M. K., Reu, F. M., & Djo, F. C. (2025). Pengaruh Persepsi Pengetahuan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Sikap Pengguna Terhadap Keputusan Penggunaan Qris Pada Umkm Sektor Kuliner Di Kota Kupang-Ntt. Analisis, 15(01), 117–140. https://doi.org/10.37478/als.v15i01.5329
Sahabuddin, R., Arif, H. M., Nurfatimah, I., Nengsia, S., Rahmayani, S. N., Manajemen, S., Makassar, U. N., Pelanggan, K., & Equation, S. (2024). Fintech dan Kepuasan Pelanggan: Menggali Peran Kemudahan Transaksi Melalui QRIS Sebagai Variabel Intervening di Warung Sari Laut Mas Joko Kota Makassar. 2(1), 61–70.
Setriawati, R. I. S. (2021). Buku Ajar Ekonomi Moneter. Paper Knowledge,Toward a Media History of Documents, 7(Juni), 49–58.