PERAN PNM MEKAAR DALAM PENYALURAN PEMBIAYAAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI KELURAHAN ATAMBUA KOTA

Main Article Content

Elidia Da Conceicao Mendonca
Wehelmina M Ndoen
Reyner F Makatita
Paulina Y Amtiran

Abstract

Perkembangan potensi UMKM tidak terlepas dari dukungan lembaga keuangan dalam menyalurkan pembiayaan. Salah satu Lembaga Keuangan Bukan Bank yang mendukung UMKM dengan menyalurkan pembiayaan adalah Pemodalan Nasional Madani (PNM) dengan programnya Membina Ekonomi Keluarga Prasejahtera (Mekaar). PNM Mekaar adalah salah satu program kerja PNM yang memiliki tujuan menyalurkan pembiayaan berupa pinjaman kepada pelaku para pelaku usaha baik yang sudah mempunyai usaha ataupun yang baru memulai usaha. Pendapatan adalah semua penerimaan, baik tunai maupun tidak tunai yang merupakan hasil dari penjualan barang atau jasa dalam periode tertentu. Penelitian ini dilakukan pada UMKM yang menerima pembiayaan PNM Mekaar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran PNM Mekaar dalam menyalurkan pembiayaan untuk meningkatkan pendapatan UMKM di kelurahan Atambua Kota. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang dimana penelitian yang menekankan pada aspek pendalaman data demi mendapatakan kualitas dari suatu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PNM Mekaar dalam penyaluran pembiayaan sudah menjalankan perannya dengan membantu UMKM yang kekurangan modal untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan pendapatan UMKM yang berada di Kelurahan Atambua Kota. Pemanfaatan pembiayaan ini juga sebagian besar telah digunakan untuk tujuan produktif untuk mengembangkan usaha dan masih ada juga beberapa nasabah yang menggunakan pembiayaan ini untuk tujuan konsumtif.


Kata Kunci : Pembiayaan, Pendapatan, PNM Mekaar, Peran,  UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mendonca, E., Ndoen, W., Makatita, R., & Amtiran, P. (2024). PERAN PNM MEKAAR DALAM PENYALURAN PEMBIAYAAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI KELURAHAN ATAMBUA KOTA. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(1), 53-64. https://doi.org/10.35508/glory.v5i1.13237
Section
Articles

References

Account Officer Mikro PNM Mekaar, S., 2023. Perkembangan Jumlah Nasabah [Interview] (21 Januari 2023).
Antonio, M. S., 2010. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. In: Jakarta: Gema Insani Press, p. 160.
Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, 2021. Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. [Online]
Bank Indonesia, 2013. Perkembangan Kredit UMKM. [Online] Available at: https://www.bi.go.id/id/umkm/kredit/default.aspx
Halim, A., 2021. Pengaruh Pembiayaan Ultra Mikro dan Pendampingan Terhadap Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro di kabupaten Mamuju. Akuntansi dan Keuangan, Volume 18, pp. 262-271.
Hamdani, 2020. Mengenal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Lebih Dekat. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Harahap, A. A. U., 2021. Peran PT Permodalan Nasional Madani Dalam Pemberian Pinjaman Modal Usaha.
Helina, R., Rahmadani, S. & Akbar, W. K., 2021. Peran PNM Mekaar Bagi Ketahanan Usaha Mikro Saat Pandemi Covid-19 di Kelurahan Lubuk Buaya Kota Padang. Pendidikan Sejarah, Juli, Volume 2, pp. 144-150.
Kasmir, 2008. Pembiayaan. Dalam: Bank dan Lembaga keuangan lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, p. 96.
Marbum, B. N., 2003. Kamus Manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Miles, M. B. & Huberman, M., 2014. Analisis Data Kualiatif. Jakarta: UI Press.
Muhammad, 2002. Manajemen bank syari'ah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Nawawi, H., 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Oktarila, R., 2020. Peran PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) Mekaar Syariah Dalam Mengembangkan Usaha Kecil Di Desa Terara.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 7 Tahun 2021, n.d. Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. s.l.:s.n.
PT Permodalan Nasional Madani, 2020. Persebaran nasabah PNM Mekaar. [Online] Available at: https://www.pnm.co.id/uploads/attachments/nasabah_report/file/29/Persebaran_Nasabah_PNM_Q3.pdf [Accessed Januari 2023].
PT Permodalan Nasional Madani, 2020. PNM Mengebut Penyaluran Pinjaman Program Mekaar. [Online] Available at: https://www.pnm.co.id/news/pnm-mengebut-penyaluran-pinjaman-program-mekaar[Accessed januari 2023].
PT Permodalan Nasional Madani, 2021. Jumlah Nasabah PNM Mekaar Naik Signifikan, Capai 10,8 Juta UMKM. [Online] Available at: https://www.pnm.co.id/news/jokowi-jumlah-nasabah-pnm-mekaar-naik-signifikan-capai-10-8-juta-umkm
Pusat Investasi Pemerintah, 2022. Pembiayaan UMi. [Online] Available at: https://pip-baru.kemenkeu.go.id/berita/23/pembiayaan-ultra-mikro-umi-untuk-mewujudkan-indonesia-maju
Ramlan, 2006. Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. Yogyakarta: Andi.
Reksoprayitno, 2004. Pendapatan. Dalam: Sistem Ekonomi dan Demokrasi Ekonomi. Jakarta: Bina Grafika, p. 79.
Soekanto, S., 2014. Sosiologi Suatu Pengantar. Revised Edition ed. Jakarta: Rajawali.
Ulfa, C. M., 2022. Peran PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Terhadap Peningkatan UMKM Masyarakat ditinjau Menurut Ekonomi Syariah (Studi kasus pada PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Cabang Kecamatan Pujud).