PENGARUH PEMBERDAYAAN PSIKOLOGI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA KRISTAL HOTEL KUPANG

Main Article Content

Alferd Y E Foenay
Rolland E Fanggidae
Tarsisius Timuneno
Ni Putu Nursiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variabel pemberdayaan psikologi, komitmen organisasional, dan kuasn kerja karyawan; mengetahui dan menganalisis pengaruh pemberdayaan psikologi dan komitmen organisasi baik secara simultan dan secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan pada Kristal Hotel Kupang. Pengumpulan data primer menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis meneliputi analisis deskriptif dengan Teknik garis kontinum dan analisis inferensial yang menggunakan model regresi linear sederhana dengan responden yang diteliti sebanyak 37 karyawan. Analisis deskriptif yang didasarkan pada sikap dan penilaian responden terhadap kondisi variabel pemberdayaan psikologi dan variabel komitmen organisasional serta kepuasan kerja karyawan masing-masing menunjukan capaian yang berbeda pada kategori penilaian “sangat baik”. Analisis regresi linear sederhana membuktikan bahwa pemberdayaan psikologi dan komitmen organisasional baik secara simultan maupun parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Kristal Hotel Kupang.


Kata Kunci        : Kepuasan Kerja Karyawan, Komitmen Organisasi Dan Pemberdayaan Psikologi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Foenay, A., Fanggidae, R., Timuneno, T., & Nursiani, N. (2023). PENGARUH PEMBERDAYAAN PSIKOLOGI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA KRISTAL HOTEL KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 61-67. https://doi.org/10.35508/glory.v4i1.10225
Section
Articles

References

Arishanti, Klara Innata. (2009). Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasional Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Universitas Gundarma. Depok. Vol 3
Greenberg, Jerald dan Robert A. Baron. (2003). Behavior in Organizations. New Jersey: Prentice Hall.
Gibson, James L. John M. Ivancevich dan James H. Donnelly, Jr.(2000). Organizations. Boston: McGraw-Hill.
Ivancevich, John. (2007). Perilaku & Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Margolang, Arikah Widya (2015). Hubungan Antara Pemberdayaan Psikologis Dengan Kepuasan Kerja Pada Perawat Di Instalasi Rawat Inap.
Robbins, Stephen P. (2003). Organizational Behavior, Edisi kedelapan. New Jersey: Prentice Hall International.
Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Andi Offset.
Spreitzer, G. M., Kizilos, M. A., & Nason, S. W. (1997). A Dimensional Analysis of the Relationship Between Psychological Empowerment and Effectiveness, Satisfaction, and Strain. Journal of Management, 23, 5, 679-704.
Sulastiyono (2007). Teknik dan Prosedur Divisi Kamar Pada Bidang Hotel, Seri Manajemen, Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi. Bandung : Alfabeta.
Vecchio, Robert P. (1995). Organizational Behavior. Florida: The Dryden Press.
Wibowo, (2016), Manajemen Kinerja Edisi Kelima. Jakarta: Rajawali Pers.