ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA TENUN IKAT INA SABU DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Noveta Susanti Buky
Apriana H J Fanggidae
Reyner F Makatita
Wehelmina M Ndoen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan keuangan mencakup perencanaan, pencatatan, pelaporan, dan pengendalian yang diterapkan oleh UMKM Tenun Ikat Ina Sabu di Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan serta dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM Tenun Ikat Ina Sabu di Kota Kupang sudah menerapkan pengelolaan keuangan namun masih belum sepenuhnyadan harus diperbaiki lagi, karena masih melakukan pengelolaan keuangan yang sangat sederhana. Pengelolaan keuangan yang di terapkan oleh UMKM ini adalah perencanaan dalam penggunaan anggaran, pencatatan yang sederhana, dan pengendalian yang sederhana. Karena terbatasnya pengetahuan yang dimiliki olehpemilik menyebabkan UMKM ini tidak menerapkan pelaporan dalam pengelolaan keuangan. Strategi yang digunakan dalam pengelolaan keuangan pada UMKM Tenun Ikat Ina Sabu di Kota Kupang berdasarkan analisa SWOT adalah strategi agresif, hal ini menunjukkan bahwa UMKM Tenun Ikat Ina Sabu memiliki kekuatan internal yang dapat dimanfaatkan untuk merebut peluang yang ada, sehingga meningkatkan minat investor untuk menanam modal, pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah guna menambah pengetahuan tentang pengelolaan keuangan serta menambah pinjaman dari pihak bank.


Kata Kunci: Pengelolaan Keuangan, UMKM, Anilisis SWOT

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Buky, N., Fanggidae, A., Makatita, R., & Ndoen, W. (2023). ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA TENUN IKAT INA SABU DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 363-380. https://doi.org/10.35508/glory.v4i2.10462
Section
Articles

References

Admin berdesa.com. (2015). Tips Pengelolaan Manajemen Keuangan untuk UKM. http://www.berdesa.com/tips-pengelolaan-manajemen-keuangan-untuk- ukm/. Diakses pada 2 Oktober 2021
Diyana, I. Y. F., & Yustian, I. (2017). Analisis pengelolaan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (Studi Kasus Pada Asosiasi Batik Mukti Manunggal Kabuupaten Sleman). Skripsi. Yogyakarta.
Hartati, Sri. (2013). Manajemen Keuangan Untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. www.api-pwu.com/wp-content/uploads/2013/01/Artikel-Sri- Hartati. pdf. Diakses pada 20 Oktober 2020
Kasmir.( 2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Prenadamedia Group
Kuswadi. (2005). Meningkatkan Laba Melalui Pendekatan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta..
Lestari, G. A. T. I., & Dewi, R. S. (2021). Analisis Strategi Pengelolaan Keuangan dan Strategi Keberlanjutan Usaha Kerajinan Genteng Pejaten di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di UD. Surya Indah, Desa Pejaten, Tabanan). Jurnal Akuntansi Profesi, 12(2), 318-330.
Rangkuti, F. (2017.) Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: reorentasi konsep perencanaan strategis untuk mengahadapi abad 21. Cetakan Ke,14.
Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah.
Suryatama, E. (2016). Analisis SWOT. Cetakan Pertama.
Wijoyo, Hadion, dkk. (2020). Digitalisasi UMKM. Sumatera Utara: Insan Cendekia Mandiri